Krinok:Jurnal Linguistik Budaya
Vol 4, No 1 (2019): Juni

VARIASI BUNYI BAHASA KERINCI ISOLEK RAWANG SOUND VARIATIONS IN KERINCI LANGUAGE OF RAWANG ISOLECT

Fadlul Rahman (Fakultas Seni Rupa & Desain, Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Jln. Bahder Johan Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia)
Yandri Yandri (Fakultas Seni Rupa & Desain, Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Jln. Bahder Johan Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia)
Maulid Hariri Gani (Fakultas Seni Rupa & Desain, Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Jln. Bahder Johan Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2019

Abstract

Bahasa Kerinci isolek Rawang merupakan salah satu bahasa daerah yang ada di Indonesia yang terletak di Provinsi Jambi. Bahasa ini termasuk dalam rumpun bahasa Malayik. Bahasa Kerinci memiliki ragam fonologis pada setiap isolek.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bunyi-bunyi dan fonem bahasa Kerinci isolek Rawang serta variasi bunyi dalam bahasa Kerinci. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan bunyi, fonem, dan variasi bunyi bahasa Kerinci isolek Rawang. Dalam pengumpulan data penelitian, metode yang digunakan ialah metode cakap dengan menggunakan teknik pancing, teknik lanjut cakap semuka, teknik catat, dan teknik rekam.Untuk analisis data digunakan metode agih dengan teknik lanjutan teknik oposisi pasangan minimal, teknik distribusi komplementer, dan teknik variasi bebas.Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa 400 kata. Hasil penelitian dalam bahasa Kerinci isolek Rawang ditemukan 6 fonem vokal, 18 fonem konsonan, dan 10 fonem diftong serta 27 variasi bunyi pada silabel akhir.Kata kunci: bahasa Kerinci, isolek Rawang, bunyi, fonem, variasi bunyi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Krinok

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Krinok:Jurnal Bahasa dan Sastra merupakan jurnal ilmiah dengan ruang lingkup kajian bahasa dan sastra. Secara khusus, jurnal ini memuat tulisan hasil hasil penelitian maupun review, terkait dengan kajian bahasa atau Linguistik baik Linguistik murni maupun terapan (pengajaran-pendidikan). selain itu, ...