Jurnal Tadris IPA Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2021)

Efektivitas Model Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis pada Materi Perubahan Iklim

Siti Zuwariyah (IAIN Ponorogo)
Edi Irawan (IAIN Ponorogo)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) keterlaksanaan pembelajaran model discovery learning berbantuan mind mapping, 2) keefektifan model discovery learning berbantuan mind mapping dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis pada materi perubahan iklim di SMPN 1 Balong. Penelitian ini menggunakan rancangan non-equivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII A (kelas kontrol) dan VII B (kelas eksperimen) yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan mind mapping terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis peserta didik serta dalam proses pembelajaran berjalan dengan baik. Temuan lain dalam penelitian yaitu: 1) proses pembelajaran berjalan dengan baik, 2) nilai hasil belajar kelas eksperimen dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis lebih baik daripada kelas konvensional. Saran dalam penelitian yaitu diharapkan untuk menggunakan model discovery learning karena model ini dapat membangun kemampuan peserta didik dalam berpikir dan sarana belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtii

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences

Description

Jurnal Tadris IPA Indonesia diterbitkan oleh Tadris IPA, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo sebagai media untuk meningkatkan kreativitas guru (khususnya guru IPA), dosen, akademisi, dan praktisi yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian ...