Jurnal Tadris IPA Indonesia
Vol. 1 No. 3 (2021)

Kesulitan Guru SMP Dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Based Learning

Miftakul Janah (STKIP Modern Ngawi)
Arifian Dimas (STKIP Modern Ngawi)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2021

Abstract

Abad 21 menuntut siswa untuk mandiri dalam memecahkan masalah yang didukung dengan adanya kurikulum 2013. Penggunaan model pembelajaran disekolah yang membentuk karakter siswa untuk mandiri dalam memecahkan sebuah masalah. Tujuan dari penelitian yaitu menemukan sebuah kendala guru saat mengimplementasikan model pembelajaran DL (Discovery Learning) dan PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, memakai sampel 2 guru mata pelajaran IPA, kelas VIII sejumlah 20 siswa dan kelas IX sejumlah 10 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan penilaian guru berdasarkan keterlaksanaan sintaks model pembelajaran DL dan PBL, wawancara, dan angket siswa. Pengamatan dari penelitian telah ditemukan bahwa guru sudah mengimplementasikan model pembelajaran problem based learning serta discovery learning namun masih terdapat kesulitan yang dialami guru dalam menjelaskan saat pengolahan data, pengawasan dan pengelolaan dalam kelas, serta membimbing siswa menarik kesimpulan permasalahan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtii

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences

Description

Jurnal Tadris IPA Indonesia diterbitkan oleh Tadris IPA, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo sebagai media untuk meningkatkan kreativitas guru (khususnya guru IPA), dosen, akademisi, dan praktisi yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian ...