Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan

EVALUASI DISEMINASI VIRTUAL REALITY (VR) SEBAGAI PEMBELAJARAN INOVATIF

Tri Astari (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengetahuan dan keterampilan peserta dalam diseminasi Virtual Reality (VR) sebagai pembelajaran inovatif. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah 184 orang dari berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan. Analisis data yang berasal dari hasil observasi, pengamatan, dan angket. Hasil analisis pengetahuan peserta di awal sebanyak 60% (110 orang) sudah mengetahui VR, tidak mengetahui 37% (68 orang), dan tidak menjawab 3% (6 orang). Sedangkan hasil observasi dan pengamatan ketika pelaksanaan diseminasi hanya 23% (44 orang) peserta yang aktif dan sisanya tidak aktif sebesar 77% (140 orang). Peserta yang memiliki pengetahuan dan terampil berhasil mengembangkan VR sebesar 3,3% (6 orang), dan sebesar 20,7% (38 orang) sampai tahap menyelesaikan materi di pelantar “Guru Binar” sedangkan sisanya tidak mengikuti diseminasi. Hal ini disebabkan beberapa kendala yang terjadi dalam proses diseminasi VR seperti waktu diseminasi singkat (1 bulan) sebesar 26%, pembelajaran hybrid learning sebesar 24%, kendala kuota dan jaringan terbatas sebesar 23%, selanjutnya perangkat belum memadai sebesar 21%, dan lain-lain sebesar 6%. Kata Kunci: Evaluasi, Virtual Reality, Pembelajaran Inovatif Abstract This study aims to evaluate the knowledge and skills of participants in the dissemination of Virtual Reality (VR) as innovative learning. This type of research is descriptive qualitative. The population and sample of this study were 184 people from various educational and occupational backgrounds. Analysis of data derived from the results of observations, observations, and questionnaires. The results of the analysis of participants' knowledge at the beginning as much as 60% (110 people) already knew VR, 37% (68 people) did not know, and 3% (6 people) did not answer. While the results of observations and observations during the dissemination were only 23% (44 people) of active participants and the remaining 77% (140 people) were not active. Participants who have knowledge and skills succeeded in developing VR by 3.3% (6 people), and 20.7% (38 people) until the stage of completing the material on the “Guru Binar” platform while the rest did not participate in the dissemination. This is due to several obstacles that occur in the VR dissemination process such as short dissemination time (1 month) by 26%, hybrid learning by 24%, quota constraints and limited network by 23%, then inadequate equipment by 21%, and so on. another 6%. Keywords: Evaluation, Virtual Reality, Innovative Learning

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian ...