Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRE SHARE BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NO. 6 DARMASABA

Kadek Gede Mahendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran think paire share berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD No. 6 Darmasaba. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Secara ringkas, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD No. 6 Darmasaba yang berjumlah 22 siwa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 7 siswi perempuan. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD No. 6 Darmasaba. Data analisis motivasi belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I sebesar 68,33% dan meningkat 15% pada siklus II menjadi 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran think paire share berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD No. 6 Darmasaba. Kata kunci: Model Pembelajaran Tematik, Think Paire Share, Motivasi Belajar, Video Pembelajaran, Siswa SD. Abstract This study aimed at improving student’s learning motivation through the implementation of the think-pair-share learning model assisted with instructional videos to increase the learning motivation of Grade IV SD No. 6 Darmasaba. This research was a classroom action research. This research was conducted in two cycles included four stages; planning, implementing, observing, and reflecting. The sample of this research was 22 students consisting of 15 male students and 7 female students of Grade IV SD No. 6 Darmasaba. The research was conducted at SD No. 6 Darmasaba. The data of the analysis of student learning motivation were obtained through the observation sheet. The research results in cycle I showed that the score was 68.33% and increased 15% in cycle II; 83.33%. It can be concluded that the implementation of the think-pair-share learning model assisted with instructional videos could increase the learning motivation of Grade IV SD No. 6 Darmasaba Keywords: thematic learning model, think-pair-share, learning’s motivation, instructional video, elementary student

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian ...