Penelitian ini menganalisis faktor pendorong dan strategi bertahan pengemudi becak di tengah adanya persaingan terhadap transportasi online. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus secara purposive sampling. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bertahannya pengemudi becak dipengaruhi oleh faktor rendahnya latar belakang pendidikan, sistem dan beban kerja serta nilai atau pandangan hidup. Kajian ini menemukan tiga strategi yang dilakukan dalam menghadapi persaingan dengan transportasi online yaitu : (1) Strategi menahan diri dilakukan dengan tidak membatasi penentuan tarif untuk penumpang dan menghindari adanya konflik dengan jasa transportasi online; (2) Strategi alternatif subsistensi dilakukan melalui upaya adaptasi dengan menggunakan teknologi telepon genggam untuk berkomunikasi dengan pengguna jasa transportasi becak dan memperluas jaringan dengan mencari pelanggan tetap yang baru; (3) Strategi jaringan sosial dilakukan dengan mengoptimalkan peran hubungan sosial antar anggota paguyuban melalui kegiatan dana sosial yang bersifat sukarela serta memanfaatkan relasi sosial melalui kerjasama
Copyrights © 2021