Publikasi Pendidikan
Vol 11, No 3 (2021)

Pengembangan Aplikasi Desktop untuk Sistem Informasi Laporan Kemajuan Siswa pada SLB Negeri Cinta Asih Soreang

Ferry Satria (Politeknik Negeri Bandung)
Hertog Nugroho (Politeknik Negeri Bandung)
Usman Hanafi (Politeknik Negeri Bandung)
Mina Naidah Gani (Politeknik Negeri Bandung)
Griffani Megiyanto R (Politeknik Negeri Bandung)
Rifa Hanifatunnisa (Politeknik Negeri Bandung)
Maya Rahayu (Politeknik Negeri Bandung)
Nila Novita Sari (Politeknik Negeri Bandung)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2021

Abstract

Kegiatan pemantauan hasil belajar dengan laporan hasil pencapaian kompetensi peserta didik menjadi agenda rutin semester oleh para guru kepada para peserta didik. Laporan hasil pencapaian belajar ini bermanfaat agar orang tua dapat memantau perkembangan anak dan sebagai refleksi kegiatan belajar mengajar bagi guru. Pada SLBN Cinta Asih Soreang, pencatatan laporan hasil pencapaian kompetensi peserta didik masih dilakukan secara konvensional, yaitu guru mencatatkannya dalam aplikasi Ms. Word atau Excel. Hal tersebut menimbulkan beberapa masalah, yaitu sulitnya pengisian nilai rapor oleh guru, sulitnya pelacakan data nilai siswa dan keamanan data rapor siswa yang mudah sekali untuk disalin oleh pihak-pihak luar yang tidak berkepentingan. Guna mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan sistem digitalisasi laporan hasil pencapaian belajar siswa. Adapun solusi yang diusulkan adalah pengembangan aplikasi desktop untuk sistem informasi laporan kemajuan siswa pada SLBN Cinta Asih Soreang. Input yang digunakan pada aplikasi tersebut terdiri dari kategori identitas siswa, nilai kualitas, dan nilai kuantitas akan diproses menyesuaikan format dengan laporan akademik yang telah ada. Proses lainnya adalah penyimpanan arsip data ke dalam database. Hasilnya lebih dari 75% peserta merasa aplikasi ini bermanfaat dan untuk penggunaan kedepannya lebih dari 52% peserta yakin akan menggunakan aplikasi desktop ini sedangkan sisanya berpendapat akan menggunakan aplikasi jika dilakukan beberapa perbaikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...