Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penayangan film dokumenter sebagai media belajar terhadap pencapaian berfikir analisisi siswa. Film dokumenter yang digunakan adalah film yang berisi tentang isu-isu atau masalah-masalah sosial, budaya dan sebagainya yang digunakan untuk merangsang kemampuan berpikir analisis siswa. Berfikir analisis adalah kumpulan ketrampilan berpikir yang terdiri kemampuan analisis, evaluasi dan mencipta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian kelas XI IPA-5 SMAN 6 Bandung. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan berfikir analisis bahwa siswa mampu mengembangkan indikator dalam berfikir analisis seperti mendeskripsikan, mengklasifikasikan, menguraikan, dan menghubungakan. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh  media film dokumenter dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berfikir analisis siswa.Â
Copyrights © 2017