Jurnal Civicus
Vol 17, No 2 (2017): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2017

PENGEMBANGAN BERFIKIR ANALISIS MELALUI FILM DOKUMENTER

pamungkas, regi dwi (Unknown)
pamungkas, regi dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penayangan film dokumenter sebagai media belajar terhadap pencapaian berfikir analisisi siswa. Film dokumenter yang digunakan adalah film yang  berisi tentang isu-isu atau masalah-masalah sosial, budaya dan sebagainya yang digunakan untuk merangsang kemampuan berpikir analisis siswa. Berfikir analisis adalah kumpulan ketrampilan berpikir yang terdiri kemampuan analisis, evaluasi dan mencipta.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian kelas XI IPA-5 SMAN 6 Bandung. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan berfikir analisis bahwa siswa mampu mengembangkan indikator dalam berfikir analisis seperti mendeskripsikan, mengklasifikasikan, menguraikan, dan menghubungakan.  Hal ini menunjukan  bahwa pengaruh  media film dokumenter dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berfikir analisis siswa. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

civicus

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal Civicus is a periodic scientific journal that is published twice a year (June and December) that publishes the results of original and recent research on Citizenship Education. This journal aims to develop concepts, theories, perspectives, paradigms, and methodologies in the study of the ...