JURNAL PROFESI KEGURUAN
Vol 7, No 2 (2021): JPK, Jurnal Profesi Keguruan

Permasalahan Guru dan Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Selama Masa Pandemic Covid -19 (Studi Multi Kasus di SD Kabupaten Sumbawa)

Andriani, Nining (Unknown)
Suharli, Suharli (Unknown)
Amalia, Riska (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2021

Abstract

Pandemi covid-19 menyebabkan kegiatan belajar dari rumah (BDR) harus dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dialami oleh guru dan orang tua dalam mendampingi anak selama diberlakukannya proses belajar dari rumah (BDR). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan multi kasus. Subyek penelitian dilakukan terhadap guru dan orang tua siswa kelas 3 yang ada di SDN 2, SDN 12 dan SDIT Insan Qurani Sumbawa-NTB. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan yang dialami oleh guru adalah kurang maksimalnya guru memantau secara langsung aktivitas belajar yang dilakukan oleh siswa dan kurangnya respon serta peran serta orang tua dalam mendapingi anak. Selanjutnya permasalahan yang dihadapi orang tua dalam mendampingi anak selama proses belajar dari rumah (BDR) adalah tidak meratanya ketersediaan fasilitas pendukung belajar siswa seperti handphone dan paket data, sulitnya orang tua dalam membagi waktu antara bekerja dan membimbing anak di rumah dan kesulitan orang tua membimbing anak dalam belajar karena keterbatasan wawasan dan ilmu pengetahuan. Dengan demikian, permasalahan tersebut menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan serta ditemukan solusinya oleh penyelinggara pendidikan demi suksesnya kebijakan belajar dari rumah (BDR) yang telah ditetapkan.The COVID-19 pandemic has forced study from home (BDR) activities to be carried out. This study aims to determine the problems experienced by teachers and parents in accompanying children during the learning process from home (BDR). The method used is a qualitative method with a multi-case approach. The subjects of the research were teachers and parents of grade 3 students at SDN 2, SDN 12 and SDIT Insan Qurani Sumbawa-NTB. The data collection technique used in this research is the technique of observation, interviews and documentation. The results of the study indicate that the problems experienced by teachers are that the teacher is less than optimal in directly integrating learning activities carried out by students and the lack of response and participation of parents in accompanying children. Furthermore, the problems faced by parents in assisting their children while studying from home (BDR) are the unequal availability of student learning support facilities such as mobile phones and data packages, the difficulty of parents in dividing their time between work and guiding their children at home and the difficulty of parents guiding their children in study because of limited insight and knowledge. Thus, these problems become a top priority that must be considered and solutions found by education providers for the success of the established learning from home (LFH) policy.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education

Description

The Jurnal Profesi Keguruan is scientific publication works in the education world by teachers, professors, and the society. Scientific papers published in this journal is an article the results of research or innovative and progressive ideas in the field of formal education. The article can be a ...