DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 1 No. 1 (2020): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Pembelajaran Kooperatif Bamboo Dancing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Materi Pokok Besaran dan Satuan

Indriani Indriani (SMP Negeri 1 Praya, Lombok, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2021

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan adalah sebagian besar metode pembelajaran masih bersifat tradisional. Dimana proses pembelajaran sering didominasi dengn metode ceramah sehingga interaksi antara siswa yangg satu dengn yangg lainnya kurang dan hasil belajarnyapun rendah khususnya pada mata pelajaran IPA Fisika. Dengn menerapkan model pembelajaran koperatif tipe Bamboo Dancing diharapkan mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII materi pokok Besaran dan Satuan SMP Negeri 1 Praya Timur. Hasil penelitiaan ini adalah, pada siklus I rata-rata nilai evaluasi siswa adalah 64,91 dengn persentase ketuntasan 68,75%, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh skor rata-rata 37,5 ini menunjukkan kategori cukup aktif. Pada siklus II rata-rata nilai evaluasi siswa 73,24 dengn persentase 87,50% dimana hasil observasi aktivitas siswa diperoleh skor rata-rata 46 ini menunjukkan kategori aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koperatif tipe Bamboo Dancing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika kelas VII pokok bahasan Besaran dan Satuan semester ganjil SMP Negeri 1 Praya Timur tahun pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...