DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 2 No. 1 (2021): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Pengembangan Media Pembelajaran Bulutangkis Menggunakan Video Based Learning pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungailiat

Igo Apriangga (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Pangkalpinang, Indonesia)
Widati Amalin Ulfah (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Pangkalpinang, Indonesia)
Muhammad Rizkan Khadavi (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Pangkalpinang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2021

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu pengetahuan siswa tentang bulutangkis masih kurang, sehingga siswa sulit melakukan teknik bulutangkis, terbatas nya fasilititas seperti raket dan shuttlecock, kurangnya penggunaan media yang sesuai dengan karakteristik siswa SMP Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran menggunakan video based learning untuk membantu pembelajaran PJOK materi Bulutangkis dan mengetahui kelayakan media pembelajaran menggunakan video based learning Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan rujukan dari Dick & Carey, terdiri dari sepuluh tahapan Hasil Penelitian menunjukkan Video Based Learning “Layak” sebagai media pembelajaran. Penelitian dari ahli materi mendapatkan penilaian persentase 84% dengan kategori “Sangat Valid”, ahli media mendapatkan penilaian sebesar 83% dengan kategori “Sangat Valid” dan penilaian guru mendapatkan penilaian sebesar 87% dengan kategori “Sangat Valid”.penilaian dari siswa pada saat uji coba satu-satu mendapatkan penilaian sebesar 90% dengan kategori “Sangat Baik”, penilaian uji coba kelompok kecil mendapatkan penilaian 88% dengan kategori “Sangat Baik” dan uji coba kelompok besar mendapatkan penilaian sebesar 86% dengan kategori “Sangat Baik”.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...