Journal of Basic Education Research
Vol 1 No 1 (2020): January

Analisis Penerapan Full Day School dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar

Wella Rezki (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2020

Abstract

Tujuan Penelitian: Usia sekolah dasar merupakan pondasi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berpikir melalui kemampuan metakognisi yang baik. Metakognisi merupakan kesadaran seseorang dalam berpikir mengenai pemikiran itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan dari full day school. Dalam penelitian ini berdasarkan pengelompokkannya adalah menggunakan sumber primer. Data primer dalam penelitian ini berupa data hasil observasi dan data hasil wawancara Metodologi: Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti memilih sampel sumber data yang bersifat Snowball Sampling. Peneliti menggunakan analisis data model Miles and Huberman sebagai acuan untuk menganalisis semua data yang diperoleh oleh peneliti. Dengan adanya penerapan full day school yang diterapkan di Sekolah Dasar Negeri 47/ Kota Jambi sekolah dapat memantau kegiatan keagamaan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian fenomenologi Temuan Utama: Full day school merupakan metode bagus untuk meningkatkan kemampuan siswa dan membentuk karakter siswa. Dengan waktu delapan jam perhari di sekolah, siswa akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya dibidang pendidikan dengan bantuan guru dan tenaga pendidik lainnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JBER

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Basic Education Research (JBER) publishes high-quality methodological assessment, evaluation, and study research texts in various educational settings and scientific disciplines with their own specific phenomena, as well as related studies that address issues of concern in education ...