cover
Contact Name
Rahmat Perdana
Contact Email
rahmat260997@gmail.com
Phone
+6282182864903
Journal Mail Official
jber.cahayaic@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perumnas Griya Sungai Duren Indah, No. 54 A, Jambi, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal of Basic Education Research
ISSN : 27164217     EISSN : 27161560     DOI : https://doi.org/10.37251/jber
Core Subject : Education,
Journal of Basic Education Research (JBER) publishes high-quality methodological assessment, evaluation, and study research texts in various educational settings and scientific disciplines with their own specific phenomena, as well as related studies that address issues of concern in education today. Journal of Basic Education Research (JBER) discusses scientific research on how assessment and evaluation can improve educational outcomes; research on how various scientific disciplines can inform theoretical, practical, and political perspectives at various levels and education systems. This journal mainly covers, manuscripts in the following fields: Performance assessment Instrument development Policy analysis Program evaluation Test management Development of research methodology in Primary and Elementary Programs Curriculum assessment and evaluation in Primary and Elementary Programs Local and global issue education 21st century Learning evaluation and assessment in Primary and Elementary Programs
Articles 73 Documents
Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Kemampuan Menggali Informasi dari Dongeng Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar Septia Wulandari
Journal of Basic Education Research Vol 1 No 1 (2020): January
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.357 KB) | DOI: 10.37251/jber.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode drill terhadap kemampuan menggali informasi dari dongeng (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis peserta didik kelas II Sekolah Dasar Negeri 13/1 Muara Bulian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasi eksperimen. Subjek penelitian ini kelas IIC yang terdiri dari 23 siswa sebagai kelas kontrol dan IID yang terdiri dari 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 88,2. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 62,86. Berdasarkan hasil uji hipotesis nilai post-test didapatkan thitung > ttabel (0,1362<2,01290) yang dibuktikan dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk= 46 ini berarti hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode drill berpengaruh terhadap kemampuan menggali informasi dari dongeng peserta didik di kelas II Sekolah Dasar.
Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle (Ioc) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Rusliani Rusliani
Journal of Basic Education Research Vol 1 No 1 (2020): January
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.25 KB) | DOI: 10.37251/jber.v1i1.19

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran geometri di kelas IV C SD Negeri No. 13/I Muara Bulian. Siswa kesulitan dalam menyelesaikan persoalan terkait pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran geometri di kelas IV Sekolah Dasar. Metodologi: Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV C SDN No. 13/I Muara Bulian yang berjumlah 27 siswa Temuan Utama: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran geometri dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) memiliki peran dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran geometri di kelas IV C SD Negeri No. 13/I Muara Bulian
Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Dalam Pemecahan Soal-Soal Geometri Dara Azahara
Journal of Basic Education Research Vol 1 No 1 (2020): January
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.105 KB) | DOI: 10.37251/jber.v1i1.26

Abstract

Tujuan Penelitian: sebagai pemahaman konsep perlu ditanamkan sejak dini kepada siswa agar mereka mengerti tentang defenisi Metodologi: Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa uraian penjelasan atau deskripsi dari data hasil observasi siswa dan hasil wawancara dengan siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu Purposive Sampling. Subjek dalam penilitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 11 laki-laki dan 15 perempuan. Sedangkan objek penelitian yaitu untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV A dalam menyelesaikan soal-soal geometri pada Kompetensi Dasar. Teknik analisis data ini menggunakan model Miles dan Huberman. Temuan Utama: Siswa yang memiliki kemampuan pemahamn konsep rendah cenderung malas mempelajari matematika, kurang antusias dalam pembelajaran sehingga mereka menganggap bahwa pembelajaran matematika (geometri) adalah pelajaran yang sulit karena ada rumus dan hitung-hitungannya. Siswa B4 mewakili kategori kemampuan pemahaman konsep matematika sedang dapat menguasai lima indikator kemampuan pemahaman konsep, namun dengan sedikit kekurangan dan kesalahan dalam mengaplikasikannya. Siswa C1 dan C7 mewakili kategori kemampuan pemahaman konsep matematika rendah dapat menguasai tiga indikator kemampuan pemahaman konsep.
Dampak Implementasi Full Day School Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Nitya Ruth Oktaviani
Journal of Basic Education Research Vol 1 No 1 (2020): January
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.886 KB) | DOI: 10.37251/jber.v1i1.30

Abstract

Purpose of the study: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak yang ditimbulkan dari implementasi full day school dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar Methodology: Penelitian lapangan dengan pendekataan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara dengan sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik yang merasakan dampak dari implementasi full day school. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Main Findings: Penelitian ini menghasilkan dua dampak yaitu dampak positif dan dampak negatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi full day school dalam pelaksanaan pembelajaran menimbulkan beberapa kendala yaitu menimbulkan dampak positif salah satunya seperti meningkatnya prestasi peserta didik dan dari segi negatif yaitu peserta didik mengalami kelelahan karena waktu yang lama.
Analisis Penerapan Full Day School dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Wella Rezki
Journal of Basic Education Research Vol 1 No 1 (2020): January
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.688 KB) | DOI: 10.37251/jber.v1i1.31

Abstract

Tujuan Penelitian: Usia sekolah dasar merupakan pondasi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berpikir melalui kemampuan metakognisi yang baik. Metakognisi merupakan kesadaran seseorang dalam berpikir mengenai pemikiran itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan dari full day school. Dalam penelitian ini berdasarkan pengelompokkannya adalah menggunakan sumber primer. Data primer dalam penelitian ini berupa data hasil observasi dan data hasil wawancara Metodologi: Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti memilih sampel sumber data yang bersifat Snowball Sampling. Peneliti menggunakan analisis data model Miles and Huberman sebagai acuan untuk menganalisis semua data yang diperoleh oleh peneliti. Dengan adanya penerapan full day school yang diterapkan di Sekolah Dasar Negeri 47/ Kota Jambi sekolah dapat memantau kegiatan keagamaan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian fenomenologi Temuan Utama: Full day school merupakan metode bagus untuk meningkatkan kemampuan siswa dan membentuk karakter siswa. Dengan waktu delapan jam perhari di sekolah, siswa akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya dibidang pendidikan dengan bantuan guru dan tenaga pendidik lainnya.
Kemampuan Siswa Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Mengenal Bilangan Suciyati Suciyati; Masrita Masrita
Journal of Basic Education Research Vol 1 No 1 (2020): January
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.289 KB) | DOI: 10.37251/jber.v1i1.35

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk melihat kemampuan siswa PAUD dalam mengenal bilangan. Metodologi: The type of research used is quantitative which uses a research design survey. Dimana Jumlah dari seluruh sampel dari penelitian ini adalah 45 siswa yang diambil dengan berdasarkan teknik total sampling. Data kemudian dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS 21 untuk mencari statistik deskriptif berupa mean, min, max, dan kategori Hasil Temuan: Dari hasil analisis yang telah dilakukan, ditemukan bahwa terdapat kemampuan menyebut bilangan dan mengenal lambang bilangan dengan kategori baik, hal ini menunjukkan bahwa siswa memilliki kemampuan dalam mengenal dan menyebutkan bilangan
Pengembangan Media Visual Berbasis Kartun Pembelajaran Matematika untuk Kelas II Sekolah Dasar Lestari Lestari
Journal of Basic Education Research Vol 1 No 2 (2020): May
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.321 KB) | DOI: 10.37251/jber.v1i2.81

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian pengembangan media visual berbasis kartun pembelajaran matematika di kelas II Sekolah Dasar 122/IX Petaling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengembangan kartun pembelajaran matematika, dan bagaimana kelayakan kartun pembelajaran matematika dilihat dari kevalidan, kemenarikan dan keefektifan kartun pembelajaran matematika. Metodologi: Penelitian pengembangan ini menggunakan Model pengembangan Dick and Carey. Prosedur pengembangan melalui sepuluh tahap yaitu analisis kebutuhan, analisis pembelajaran, analisis peserta didik, merumuskan tujuan pembelajaran, mengembangkan instrumen penilaian, mengembangkan strategi instruksional, mengembangkan dan memilih bahan media, merancang dan melakukan evaluasi formatif, melakukan revisi, evaluasi sumatif. Temuan Utama: Hasil penelitian ini berupa prosedur pengembangan yang menghasilkan kartun pembelajaran matematika yang layak dilihat dari kevalidan, kemenarikan dan keefektifan. Hasil validasi dilakukan oleh para ahli diperoleh hasil dari 88,1% dari ahli desain media dan 94% dari ahli pembelajaran, dengan kategori layak tanpa perlu direvisi. Setelah itu dilakukan uji coba kelompok kecil, dengan hasil bahwa kartun pembelajaran matematika menarik. Hasil uji coba lapangan, ada kenaikan ketuntasan keseluruhan dari hasil belajar dari sebelum menggunakan media kartun pembelajaran matematika yaitu 6,54% menjadi 85,4% sesudah menggunakan kartun pembelajaran matematika. Dengan demikian terbukti bahwa hasil pengembangan media visual berbasis kartun pembelajaran matematika ini efektif. Aplikasi dalam Penelitian: Pengembangan media pembelajaran sangat penting dilakukan agar guru memiliki banyak opsi didalam pembelajaran Keterbarauan: Sebuah media pembelajaran yang baru berbasis visual untuk pembelajaran matematika anak kelas 2 sekolah dasar
Penerapan Pembelajaran Tematik Dalam Penanaman Moral Anak Usia Dini Nur Asiyah
Journal of Basic Education Research Vol 1 No 2 (2020): May
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.491 KB) | DOI: 10.37251/jber.v1i2.82

Abstract

Tujuan Penelitian: Bagaimanakah penerapan pembelajaran tematik untuk penanaman moral anak usia dini di Raudlatul Athfal Nurul Islam Bandar Jaya, Tanjung Jabung Timur. Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara objektif keadaan ditempat penelitian dengan menggunakan rangkaian kata-kata atau kalimat, dengan subjek penelitian adalah anak kelas B1 yang berjumlah 23 anak. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan Utama: Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan pelaksanaan pembelajaran Tematik sudah cukup baik. Manfaat pembelajaran tematik dapat dilihat dari perubahan perkembangan moral anak. Perkembangan moral berkembangan dari sebelumnya karena moral anak semakin bertambah. Pelaksanaaan pembelajaran tematik dapat mengembangkan penanaman moral anak usia dini di Raudlatul Athfal Nurul Islam Bandar Jaya, Tanjung Jabung Timur cukup baik dalam mengembangkan penanaman moral anak melalui pembelajaran tematik sebagai model pembelajaran, dengan diperlukan langkah-langkah sebagai berikut: penyusunan perencanan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran Aplikasi dalam Penelitian: Penanam karakter sangat diperlukan menyambut kurikulum yang diajukan oleh pemerintah sekarang, maka dari itu diperlukan pembelajaran yang bisa diintegrasikan salah satunya pembelajaran tematik. Keterbarauan: Pembelajaran tematik dapat diintegrasikan untuk menunmbuhkan moral anak usia dini.
Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Sekolah Dasar RTS Salma
Journal of Basic Education Research Vol 1 No 2 (2020): May
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.227 KB) | DOI: 10.37251/jber.v1i2.83

Abstract

Tujuan Penelitian: Berdasarkan hasil observasi di SDN 122/IX Petaling, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu kelas V Sekolah Dasar. Metodologi: Data penelitian diperoleh dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan menggunakan penelitian deskriptif yang diperoleh dari hasil observasi dan didukung dengan hasil wawancara serta dokumentasi. Setelah data didapatkan maka data kualitatif dianalisis dengan menggunakan teknik analisi Miles dan Huberman. Temuan Utama: Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam mengelola pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu kelas V Sekolah Dasar Negeri 122/IX Petaling telah melakukan dengan baik. Hal ini terlihat berdasarkan hasil observasi dan didukung dengan hasil wawancara dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti kepada guru kelas V dengan berpodaman pada indikator yang digunakan pada penelitian. Aplikasi dalam Penelitian: Kemampuan dalam pengelolaan kelas sangat penting dimiliki oleh guru agar terwujudnya tujuan dari sebuah pembelajaran. Keterbarauan: Dengan memiliki kemampuan pengelolaan kelas yang baik, maka siswa akan nyaman dan mendapatkan apa tujuan sebenarnya dari pembelajaran yang dilakukan.
Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Siti Munawarah
Journal of Basic Education Research Vol 1 No 2 (2020): May
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.527 KB) | DOI: 10.37251/jber.v1i2.84

Abstract

Tujuan Penelitian: Berdasarkan hasil observasi di SDN 122/IX Petaling, dilihat dari segi ruangan perpustakaan yang besar dan didukung dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai, perpustakaan sudah terlihat bagus, namun disini dari siswa yang berjumlah kurang lebih 1.200 terlihat sedikit yang berkunjung keperpustakaan, dikarenakan pada saat observasi tersebut ruangan perpustakaan terlihat berantakan, berantakan disini artinya buku-buku yang tidak terpakai lagi masih bertumpuk disudut-sudut ruangan perpustakaan maupun ditempat siswa membaca, sehingga tataan ruangan dan kebersihan perpustakaan menjadi tidak teratur dan berpengaruh kepada minat baca siswa, kemudian peneliti melihat staf perpustakaan bersama rekan-rekan melakukan revitalisasi perpustakaan agar minat baca siswa kembali meningkat ke perpustakaan, disinilah perlu dilakukan penelitian dan menggali informasi lebih mendalam tentang revitalisasi perpustakaan untukmeningkatkan minat baca siswa agar dapat dicontoh bagi sekolah lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana revitalisasi perpustkaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa. Metodologi: Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif menggunakan instrumen observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data didapatkan maka akan di analisis menggunakan teknik analisis Miles and Huberman. Temuan Utama: Hasil penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi perpustakaan sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa sudah meningkat dengan baik. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil observasi bahwa dengan adanya revitalisasi, perpustakaan sudah terlihat bagus, sarana dan prasarana sudah cukup memadai, kondisi dan kenyamanan ruangan sudah ditingkatkan. Didukung dengan hasil wawancara yang mana dengan adanya revitalisasi perpustakaan, pihak sekolah membuat kegiatan berkunjung secara rutin ke perpustakaan dengan bimbingan guru, setiap satu hari satu kelas yang telah ditentukan untuk berkunjung ke perpustakaan. Dengan kegiatan yang bernilai positif seperti itu maka siswa akan terbiasa untuk berkunjung ke perpustakaan dan minat baca siswa akan lebih meningkat.