Journal of Basic Education Research
Vol 1 No 3 (2020): September

Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemik Covid-19 Di Sekolah Dasar

Yulia purnama (SDN 175/II Simpang Kemini)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Purpose of the study: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mencari gambaran pembelajaran daring yang telah dilakukan disekolah berdasarkan persepsi guru dan siswa. Methodology: Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Penelitian ini berupaya untuk memberikan suatu gambaran terhadap suatu kondisi yang telah terjadi berdasarkan tanggapan dan pendapat dari narasumber. Sampel dalam penelitian ini berjumalah 25 orang siswa kelas 5 sekolah dasar yang telah melaksanakan pembelajaran daring. Instrumen yang digunakan berupa angket dan wawancara terstruktur. Main Findings: Berdasarkan persepsi yang telah dikemukan narasumber menunjukan bahwa indikator yang dapat dinilai pada implementasi pembelajaran daring berupa ketersedian sarana dan prasarana serta keefektifan pembelajaran daring. Seluruh narasumber telah memiliki sarana dan prasarana berupa gawai untuk menunjang pembelajaran daring. Namun terdapat kendala berupa jaringan atau koneksi internet. 40% memiliki koneksi yang baik dan 60% memiliki koneksi yang terganggu. Sedangkan mengenai keefektifan belajar menunjukan bahwa 36% atau sebanyak 9 siswa menyatakan menikmati proses pembelajaran daring, 44% atau sebanyak 11 siswa menyatakan kurang menikmati pembelajaran daring dan 20% atau sebanyak 5 orang siswa menyatakan tidak menikmati proses pembelajaran daring. Applications of this study: penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam menevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. Novelty/Originality of this study: Keterbaruan dalam penelitian ini berupa pemaparan tentang persepsi narasumber terhadap suatu kondisi yang secara tiba-tiba harus dilakukan, dimana tindakan tersebut berbeda dengan kebiasaan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JBER

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Basic Education Research (JBER) publishes high-quality methodological assessment, evaluation, and study research texts in various educational settings and scientific disciplines with their own specific phenomena, as well as related studies that address issues of concern in education ...