Jurnal Dimensi
Vol 10, No 2 (2021): JURNAL DIMENSI (JULI 2021)

PENGARUH LOKASI USAHA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Ismanto, Widodo (Unknown)
Zulkifli, Zulkifli (Unknown)
Munzir, T. (Unknown)
Tanjung, Rona (Unknown)
Anggraini, Dini (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lokasi usaha dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan CV. Blue Bros Variabel dalam penelitian ini untuk variabel bebas meliputi lokasi usaha (X1) dan kualitas pelayanan (X2) dan untuk variabel terikat adalah kepuasan pelanggan (Y). Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dari sumber primer yang dikumpulkan melalui beberapa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan CV. Blue Bros dengan 66 orang terlibat. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah dengan metode random sampling dimana seluruh stakeholder CV. Blue Bros sebagai sampel dalam penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah pengujian instrumen yang dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan lokasi usaha berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Untuk hasil pengujian simultan, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2021