Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat membaca mahasiswa sebelum melaksanakan bimbingan kelompok topik tugas dan setelah dilaksanakan bimbingan kelompok topik tugas serta menganalisis efektivitas bimbingan kelompok topik tugas dalam meningkatkan minat membaca mahasiswa. Salah satu layanan yang dapat dilaksanakan dalam meningkatkan minat membaca mahasiswa adalah bimbingan kelompok topik tugas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif jenis pre-eksperimen dengan menggunakan the one group pre-test post-test design. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik non-random sampling dengan metode purposive sampling. Subjek berjumlah sembilan mahasiswa dengan kategori minat membaca: empat mahasiswa kategori rendah, empat mahasiswa kategori sedang dan satu mahasiswa kategori tinggi. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Institut Agama Islam Negeri Langsa dengan tujuh kali pertemuan. Instrumen menggunakan model skala likert. Analisis yang digunakan adalah statistik non-parametrik yaitu Wilcoxon Signed Ranks Test menggunakan SPSS versi 17.00. Hasil temuan penelitian dapat dianalisis bahwa bimbingan kelompok topik tugas efektif meningkatkan minat membaca mahasiswa, serta menggambarkan perbedaan minat membaca mahasiswa sebelum dilaksanakan bimbingan kelompok topik tugas dan setelah dilaksanakan bimbingan kelompok topik tugas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa minat membaca mahasiswa dapat ditingkatkan melalui bimbingan kelompok topik tugas.
Copyrights © 2021