Jurnal Teknologi dan Manajemen
Vol. 19 No. 2 (2021): JURNAL TEKNOLOGI DAN MANAJEMEN

Analisa Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Musik Studio dengan Metode Servqual

Bernard Hasibuan (Universitas Sahid)
Lisa Ratnasari (Universitas Sahid)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2021

Abstract

Semakin tinggi tingkat jumlah studio, dan konsumen yang semakin kritis mengakibatkan persaingan ketat pada dunia bisnis industri studio. Keberhasilan khususnya dibidang jasa  studio musik, bergantung pada kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dan selanjutnya untuk memuaskan konsumen. Tujuan penelitian ini ialah mendapatkan faktor-faktor yang mencerminkan persepsi dan harapan pelanggan yang kemudian dihitung dengan metode servqual dan menentukan karakteristik kebutuhan pelanggan untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat memenuhi kepuasan konsumen DM musik studio. Dari pengolahan data yang dilakukan dengan program SPSS 18.0 for windows, maka didapat r = 0,368 dengan variabel persepsi kepuasan konsumen 0,397 dan variabel persepsi harapan 0,422 yang berarti terdapat pengaruh kualitas pelayan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil analisa maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan sangat berpengaruh dan berperan aktif terhadap kepuasan konsumen DM musik studio.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtm

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Teknologi dan Manajemen adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Politeknik STMI Jakarta dan membahas tren terkini tentang manajemen industri. Ruang kanjian Jurnal Teknologi dan Manajemen adalah pada bidang: 1. Industrial Engineering, 2. Manufacture Engineering, 3. Quality Engineering, 4. ...