Radio merupakan salah satu media massa yang populer untuk penyampaian informasi dari masa ke masa, termasuk dalam era digitalisasi pada saat ini. Hal ini disebabkan karena radio memiliki tiga kekuatan yang tidak dimiliki oleh media lain, yaitu mobilitas tinggi, realitas, dan kesegaran, termasuk dalam era digitalisasi pada saat ini. Kekuatan inilah yang membuat radio tidak ditinggalkan oleh pendengarnya, termasuk Radio Suara Salatiga. Berdasarkan latar belakang diatas, tulisan ini memiliki tujuan untuk strategi komunikasi yang lakukan radio Suara Salatiga dalam era digitalisasi untuk mempertahankan loyalitas pendengar. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, ada 3 hasil yang diperoleh dari tulisan yang dijelaskan pada artikel ini. Yang pertama, dalam menghadari era digital, radio Suara Salatiga melakukan konvergensi media melalui siaran streaming serta dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Website dan Instagram. Kedua, Loyalitas dengan pendengar dilakukan melaluiĀ jumpa pendengar, menyapa pendengar setia, serta memberian perhatian kepada komunitas pendengar. Ketiga, strategi komunikasi dilakukan dengan perencanaan yang dimulai dengan riset sampai dengan evaluasi
Copyrights © 2021