Widya Dharma
Vol 27, No 2 (2015)

PENGARUH PEMBELAJARAN STATISTIKA KONSTRUKTnnSTERHADAPPERKEMBANGAN PENGETAHUAN DAN KARAKTER MAHASISWA PENDIDlKAN BIOLOGI

Paul Suparno (Sanata Dharma University, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetabui pengarubpembelajaran statistika konstruktivis terhadap perkembanganpengetahuan dan karakter mahasiswa pendidikan BiologiUniversitas Sanata Dharma. Pertanyaan utama adalah (I)apakah pengetahuan mahasiswa meningkat, (2) apakah tingkatkarakter mahasiswa menjadi lebih tinggi, dan (3) karakter manayang dirasakan sangat berkembang oleb mahasiswa. SampeJnyaadalah 34 mahasiswa Pendidikan Biologi yang sedangmengikuti kuliah statistika. Pembelajaran statistika konstruktivisdigunakan sebagai treatment. Instrumen penelitian berupapretest dan postest untuk mengetahui kernajuan pengetahuan mahasiswa dan angket untuk melihat karakter mahasiswa setelah mempelajari statistika dengan pendekatan konstruktivis. Hasil penelitian adalah (I) pengetabuan mahasiswa rneningkat secara signifikan; (2) karakter mahasiswa tinggi; dan (3) nilai karakter yang sangat dirasakan oleh rnahasiswa adalah ketelitian, kerja sarna, kejujuran, dan disiplin.

Copyrights © 2015