Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 3, No 2 (2018)

EVALUASI PROGRAM KURSUS KETERAMPILAN DI LEMBAGA KURSUS PELATIHAN (LKP) KARYA JELITA KOTA BANDUNG, JAWA BARAT (PENERAPAN MODEL EVALUASI CIPPO)

Rani Sintiawati, Basuki Wibawa, Jenny Sista Siregar (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2018

Abstract

EVALUASI PROGRAM KURSUS KETERAMPILANDI LEMBAGA KURSUS PELATIHAN (LKP) KARYA JELITA KOTA BANDUNG, JAWA BARAT(PENERAPAN MODEL EVALUASI CIPPO) Rani Sintiawati , Basuki Wibawa & Jenny Sista SiregarJurusan Teknologi Rias & KosmetikaFakultas TeknikUniversitas Negeri JakartaRanisintiawati8@gmail.com , bwibawa_ft@yahoo.com  Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ketercapaian program pelatihan sebagai kegiatan untuk menentukan tingkat efektifitas suatu program pelatihan di LKP Karya Jelita Bandung, yang berfokus pada lima aspek evaluasi yaitu context, input, process, product dan outcome sehingga dapat mengungkapkan data tentang kegiatan pelatihan program kursus  serta dampak dari hasil pembelajaran bagi peserta pelatihan kursus di LKP Karya Jelita Bandung untuk program pelatihan berikutnya. Teori yang dibahas dalam penelitian kegiatan program pelatihan kursus di LKP Karya Jelita dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif mixed methods, yang merupakan penelitian evaluasi dengan metode model evaluasi CIPPO dengan lima komponen, yaitu konteks, input, proses, dan produk serta outcome. sebagai upaya meningkatkan LKP Karya Jelita dengan program berikutnya agar  menghasilkan lulusan yang bisa berwirausaha ataupun bekerja untuk meningkatkan pendapatan keluarga, serta satuan pendidikan luar sekolah.  Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, angket dan dokumen. Analisis data menggunakan statistik Deskriptif dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program di LKP Karya Jelita secara keseluruhan  menunjukkan bahwa berjalan dengan baik dengan pencapaian sesuai tujuan,yang meliputi : 1) Evaluasi context sudah sesuai dengan SOP/Peraturan yang berlaku 2) Evaluasi Input yang terdiri dari aspek prosedur seleksi penerimaan sesuai SOP LKP Karya Jelita 3) Evaluasi Proses pada aspek proses perencanaan program pelatihan tidak diawali dengan identifikasi kebutuhan programds pelatihan dikarenakan keterbatasan anggaran,selanjutnya pada aspek pelaksanaan sudah berjalan dengan baik, aspek proses monitoring telah dilakukan sesuai SOP LKP Karya Jelita 4) Evaluasi Produk, Presentase tingkat kelulusan  peserta pelatihan sebesar 100%. 5) Evaluasi Outcome, presentase tingkat keterserapan lulusan di dunia usaha dan industri serta wirausaha (outcome) . Kata Kunci : Kursus, Evaluasi, Program, CIPPO, Dampak

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...