SAINTIFIK@ : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 5, No 2 (2020): EDISI OKTOBER 2020

ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG

Yulianti Daiyan (Unknown)
Karman La Nani (Unknown)
Asmar Bani (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa kelas IX-A SMP Negeri 1 Kota Ternate dalam menyelesaikan soal pada materi bangun ruang. Pengumpulan data kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen  tes yang digunakan adalah 3 butir soal tentang kemampuan koneksi matematis pada materi bangun ruang yang telah divalidasi. Data kemampuan koneksi matematis siswa dianalisis secara kualitatif dengan cara mereduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-A SMP Negeri 1 Kota Ternate sebanyak 32 siswa, kemudian dipilih 4 siswa sebagai perwakilan subjek berdasarkan kategori kemampuan koneksi matematis (Sangat tinggi, tinggi, sedang,dan  rendah) untuk diwawancarai sebagai bentuk triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa kelas IX-A SMP Negeri 1 Kota Ternate dalam mempelajari materi bangun ruang dengan rata-rata sebesar 74.46 dalam kategori tinggi. Kualifikasi kemampuan koneksi matematis dalam kategori sangat tinggi  dicapai 13 siswa (40,63%) yang mampu:mengoneksikan antar topik matematika, koneksi antar topik matematika dengan pelajaran lain, dan koneksi antar topik matematika dengan kehidupan sehari-hari, sehubungan dengan penyelesaian masalah bangun ruang. Selanjutnya, 15 siswa (46,87%) dalam kategori tinggi mampu: mengoneksikan antar topik matematika, koneksi antar topik matematika dengan pelajaran lain, dan koneksi antar topik matematika dengan kehidupan sehari-hari secara benar tetapi belum lengkap, terhadap penyelesaian masalah bangun  ruang. Sebanyak 2 siswa (6,25%) dalam kategori sedang mampu: mengoneksikan antar topik matematika, namun kurang lengkap, serta mampu,mengoneksikan koneksi antar topik matematika dengan pelajaran lain, dan koneksi antar topik matematika dengan kehidupan sehari-hari namun salah terhadap penyelesaian masalah bangun ruang. Terdapat 2 siswa (6,25%) dengan kategori rendah dapat menyajikan koneksi antar topik matematika secara tidak lengkap. Kata kunci: Koneksi Matematis, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Bangun Ruang

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Saintifik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ini memuat tentang topik-topik bidang ilmu MIPA dan pembelajarannya, bagi dosen yang akan diterbitkan sesuai kajian akademik. RUANG LINGKUP JURNAL INI ADALAH AKAN MENERBITKAN TOPIK SEBAGAi BERIKUT: 1. Bidan Matematika dan Pembelajarannya 2. Bidang Fisika dan Pembelajarannya 3. Bidang Biologi ...