Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Vol 7, No 1 (2020): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA

PENGEMBANGAN TEKS PERUBAHAN KONSEPTUAL HANDOUT UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI MATERI DINAMIKA SMA/MA

Ricky Azrofi Samara (Universitas Sriwijaya)
Syuhendri Syuhendri (Universitas Sriwijaya)
Muhammad Muslim (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2020

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan Teks Perubahan Konseptual berupa handout untuk pokok bahasan Dinamika yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Pada tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer berupa self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket. Hasil analisis data pada tahap expert review diperoleh persentase rata-rata validasi ahli sebesar 3,94 (kategori valid), tahap one-to-one evaluation sebesar 84,20% (kategori praktis), dan pada tahap small group evaluation sebesar 77,77% (kategori praktis). Dengan demikian, telah berhasil dikembangkan bahan ajar fisika berupa handout Teks Perubahan Konseptual untuk materi Dinamika yang valid dan praktis. Bahan ajar Teks Perubahan Konseptual ini diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan remidiasi miskonsepsi materi Dinamika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF) is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sriwijaya and published by Program Sarjana Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sriwijaya. JIPF is published ...