cover
Contact Name
Melly Ariska
Contact Email
mellyariska@fkip.unsri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jipf@fkip.unsri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557109     EISSN : 26570971     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF) is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sriwijaya and published by Program Sarjana Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sriwijaya. JIPF is published periodically (twice a year) in Mei and November.
Arjuna Subject : -
Articles 204 Documents
ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA TERHADAP KONSEP LISTRIK DINAMIS DENGAN METODE Certainty of Response Index (CRI) Akhsan, Hamdi; Ariska, Melly
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 5, No 2 (2018): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsri memuat mata kuliah dasar kependidikan dan pendalaman materi bidang studi Fisika. Salah satu mata kuliah yang ada di program studi pendidikan fisika adalah adalah Fisika Dasar. Fisika Dasar pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsri dalam kurikulum 2017 terdiri dari banyak konsep yang dipecah lagi ke dalam sub konsep. Salah satu konsep yang dipelajari adalah listrik dinamis dengan subkonsep rangkaian listrik arus searah. Tujuan penelitian ini secara rinci adalah memperoleh gambaran tentang pemahaman konsep mahasiswa pada konsep Listrik dinamis pada mata kuliah Fisika Dasar mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unsri, memberikan masukan bagi guru fisika yaitu berupa informasi tentang Gambaran miskonsepssi mahasiswa pada konsep listrik dinamis. Dari keseluruhan materi rangkaian listrik arus searah yang diujikan, mahasiswa sudah cukup memahami konsep tentang energi listrik dengan baik. Akan tetapi mahasiswa masih cenderung mengalami miskonsepsi pada konsep daya listrik mengenai perbandingan daya listrik dalam suatu rangkaian yang berbeda yaitu sebanyak 53% Mahasiswa Indralaya dan sebanyak 94% Mahasiswa Palembang. Tes rangkaian listrik arus searah dengan metode Certainty of Response Index (CRI) dapat digunakan untuk mengidentifikasi Mahasiswa yang mengalami miskonsepsi, mahasiswa yang memahami konsep, dan mahasiswa yang tidak paham konsep.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN BANTUAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA KELAS VII.A SMP NEGERI 2 RANTAU PANJANG hartanto, Hartanto
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 3, No 1 (2016): Kajian Fisika dan Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Pendidikan Fisika FKIP Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016 dikelas VII.A SMP Negeri 2 Rantau Panjang yang berjumlah 30 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Terpadu siswa kelas VII.A di SMP Negeri 2 Rantau Panjang melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan bantuan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empattahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 11,10% dan 13,87% darisetiap siklusnya. Hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajan TTWdengan bantuan LKS juga menunjukkan adanya peningkatan sebesar 6,6%dan 13,4% dari setiap siklusnya.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TTW dengan bantuan LKS sangat efektif digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII.A SMP Negeri 2 Rantau Panjang.
EFEKTIVITAS PROGRAM RESITASI BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA TENTANG GAYA DAN GERAK Sutopo, Sutopo
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 3, No 1 (2016): Kajian Fisika dan Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Pendidikan Fisika FKIP Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

We have developed a computer-assisted recitation program to improve students’ conceptual understanding about force and motion. The program consists of multiple-choices questions with immediate feedback. The focus of this research was to examine the effectiveness of the program to achieve the goal, using one group pretest-posttest design. Pretest and posttest used the same instrument. Pretest was administered one week after the class discussed kinematics and Newton’s laws of motion, whereas the posttest was administered three weeks later when the students had utilized the program for one week. Subject consisted of 35 first year physics education students enrolled in introductory physics, in State University of Malang. The research found that the program significantly improved students’ conceptual understanding with N-gain of 0.31 and d-effect size of 1.46.
PENGEMBANGAN HANDOUT PENDAHULUAN FISIKA KUANTUM BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA SUB POKOK BAHASAN PERSAMAAN SCHRODINGER TAK BERGANTUNG WAKTU 1 DIMENSI Nopeliza, Nia; akhsan, Hamdi
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 3, No 2 (2016): Kajian Fisika dan Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Pendidikan Fisika FKIP Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan handout pendahuluan  fisika kuantum berbasis multirepresentasi pada sub pokok bahasan persamaan Schrödinger tak bergantung waktu 1 dimensi telah dilakukan dan diterapkan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika angakatan 2013 Universitas Sriwijaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout pendahuluan  fisika kuantum berbasis multirepresentasi pada sub pokok bahasan persamaan Schrödinger tak bergantung waktu 1 dimensi yang valid dan praktis. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan produk oleh Rowntree dan pada tahap evaluasi peneliti menggunakan prosedur evaluasi formatif dari Tessmer. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan angket. Kevalidan handout ini dinilai oleh ahli dari tiga aspek yakni aspek isi (content), aspek desain dan aspek bahasa. Dari hasil validasi ahli (expert review) didapatkan nilai rata-rata dari ketiga validator sebesar 80,17% dengan kategori valid. Kepraktisan handout ini dilihat dari skor rata-rata angket pada tahap one to one evaluation dan small group evaluation. Dari tahap one to one evaluation didapatkan nilai rata-rata sebesar 91,85% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil small group evaluation didapatkan nilai rata-rata sebesar 83,94% dengan kategori praktis. Hasil yang didapatkan dari tahap evaluasi ini menunjukkan bahwa Handout Sub Pokok Bahasan Persamaan Schrödinger Tak Bergantung Waktu 1 Dimensi Berbasis Multirepresentasi yang dikembangkan telah valid dan praktis.
PENGEMBANGAN ODD "OSILATOR DIGITAL DETECTOR" SEBAGAI ALAT PERAGA PRAKTIKUM GERAK HARMONIK SEDERHANA Huriawati, Farida; Yusro, Andista Candra
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 3, No 2 (2016): Kajian Fisika dan Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Pendidikan Fisika FKIP Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga ODD "Osilator Digital Detector" sebagai alat peraga praktikum gerak harmonik sederhana yang valid, praktis dan efektif. Penilaian validator terhadap  alat peraga yang dikembangkan mendapatkan prosentase kelayakan sebesar 83,1 % s ehingga alat peraga praktikum ODD layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji coba produk alat peraga ODD "Osilator Digital Detector" yang dikembangkan untuk menjembantani mahasiswa dalam mempelejari gerak harmonik sederhana mendapatkan respon positif dari mahasiswa yaitu pada uji kelompok kecil sebesar 72,6 % dan pada uji kelompok besar atau uji lapangan sebesar 78,1%. Peningkatan hasil belajar mahasiswa diperoleh dari nilai pretest dan post test yang kemudian dihitung dengan menggunakan statistik untuk mencari N-gain,  kemudian didapati N-gain (G) sebesar 0,5 pada kategori sedang.
PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS KOMPUTER MODEL DRILL AND PRACTICE MATERI INTI ATOM UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS Nurhidayah, Izzah; Wiyono, Ketang; Akhsan, Hamdi
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 3, No 2 (2016): Kajian Fisika dan Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Pendidikan Fisika FKIP Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah berhasil dikembangkan asesmen berbasis komputer model drill and practice materi inti atom untuk siswa SMA yang valid, praktis, dan reliabel. Metode penelitian yang digunakan adalah model Rowntree yang terdiri dari 3 tahap pengembangan yaitu: (1) perencanaan, (2) pengembangan, dan (3) evaluasi. Evaluasi yang digunakan adalah formative evaluation Tessmer untuk mengetahui kelayakan dari asesmen yang telah dikembangkan. Formative evaluation terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) self evaluation, (2) expert review, (3) one-to-one evaluation, (4) small group evaluation, dan (5) field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah walktrough, tes, dan angket. Berdasarkan penelitian expert review, didapatkan rerata persentase sebesar 85,4 % dan dikategorikan valid. Pada tahap one-to-one didapatkan rerata persentase sebesar 81,1 % dan dikategorikan praktis. Pada tahap small group didapatkan rerata persentase sebesar 84,4 % dan dikategorikan praktis. Pada tahap field test, didapatkan tingkat reliabilitas sebesar 0,8 dan dikategorikan tinggi. Dapat disimpulkan bahwa asesmen berbasis komputer model drill and practice materi inti atom untuk siswa SMA dinyatakan valid, praktis dan reliabel. Peneliti menyarankan untuk mengembangkan asesmen berbasis komputer model drill and practice pada materi yang lain sebagai latihan untuk ujian nasional berbasis komputer.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PERUBAHAN KONSEPTUAL BERBASIS MODEL PERUBAHAN KONSEPTUAL PADA MATERI GERAK HARMONIK Agustina, Dwi; Syuhendri, Syuhendri
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 3, No 2 (2016): Kajian Fisika dan Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Pendidikan Fisika FKIP Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar fisika Teks Perubahan Konseptual pokok bahasan Gerak Harmonik Sederhana yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Pada tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer berupa self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket. Hasil analisis data pada tahap expert review diperoleh persentase rata-rata dari validasi ahli sebesar 4,03 (kategori sangat valid), tahap one-to-one evaluation sebesar 84,07% (kategori praktis), dan pada tahap small group evaluation sebesar 81,29% (kategori praktis). Dengan demikian, telah berhasil dikembangkan bahan ajar fisika Teks Perubahan Konseptual pada materi Gerak Harmonik Sederhana yang valid dan praktis. Bahan ajar Teks Perubahan Konseptual ini dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan meremidiasi miskonsepsi materi Gerak Harmonik.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CETAK MATA KULIAH FISIKA MATEMATIKA POKOK BAHASAN BILANGAN KOMPLEKS DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA Amilia, Tri Nanda; Andriani, Nely; zulherman, zulherman
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 3, No 2 (2016): Kajian Fisika dan Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Pendidikan Fisika FKIP Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar cetak pada mata kuliah fisika matematika pokok bahasan bilangan kompleks di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya. Penelitian ini merupakan penelitian peengembangan yang menggunakan model pengembangan Rowntree, yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi, menggunakan teknik evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari 5 tahap, yaitu self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation, dan field test. Pada pengembangan ini, tahap evaluasi hanya sampai pada tahap small group evaluation.  Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket tanggapan mahasiswa. Berdasarkan hasil expert review diperoleh rata-rata hasil nilai validitas sebesar 83,26% dengan kategori sangat valid.  Pada tahap one-to-one evaluation didapatkan rata-rata hasil penilaian angket tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar ini,  sebesar 89,52%  dengan kategori yaitu sangat praktis. Pada tahap uji coba small group evaluation, rata-rata hasil penilaian angket tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar ini sebesar 85,87% dengan kategori sangat praktis. Hasil data tersebut menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan sudah tergolong valid dan praktis, sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar tambahan pada mata kuliah fisika matematika di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya.
PEMANFAATAN SEL SURYA UNTUK ANALISIS KOEFISIEN ATTENUASI BAHAN PLASTIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA Hadiati, Soka; Kuswanto, Heru; Rosana, Dadan; Pramuda, Adi; Matsun, Matsun
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 5, No 1 (2018): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi sel surya dan pemanfaatannya di berbagai negara telah mengalami peningkatan yang sangat pesat. Untuk kepentingan dunia pendidikan sel surya dapat digunakan sebagai media alternatif pengganti luxmeter. Pada kajian ini sel surya dimanfaatkan untuk mengenalkan persamaan Lambert – Beer yang bermanfaat untuk kajian yang lebih mendalam berkaitan optik nonlinier. Penelitian ini menganalisis karakteristik koefisien attenuasi bahan plastik menggunakan sel surya secara sederhana dengan variasi ketebalan lapisan bahan plastik/filter dari satu sampai enam lapis. Adapun warna filter yang digunakan adalah merah, kuning, dan biru. Hasil penelitian menunjukkan intensitas cahaya setelah melalui bahan berubah seiring perubahan ketebalan dan warna bahan filter yang digunakan. Berdasarkan tren ? (attenuation coefficient) filter bahan plastik warna merah dan biru cenderung masih relevan untuk tren linier (lebih besar dari 0,8) dibandingkan filter warna kuning (kurang dari 0,8) ditinjau dari nilai R2. Pada sel surya yang digunakan, memiliki respon dan efisiensi kuantum yang lebih tinggi pada warna kuning daripada warna biru yang menghasilkan tegangan output yang lebih besar, terutama setelah mencapai ketebalan 5 dan 6 lapis filter.
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN KERJA LABORATORIUM DITINJAU DARI KETERCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP, SIKAP DISIPLIN, DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SMA Sulistiyono, Sulistiyono; Mundilarto, Mundilarto; Kuswanto, Heru
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 6, No 1 (2019): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran fisika dengan kerja laboratorium di tinjau dariketercapaian pemahaman konsep, sikap disiplin dan tangung jawab siswa SMA. Populasi penelelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Megang Sakti, dengan sampel 2 kelas MIA, yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pengelajaran dengan menggunakan kerja laboratorium dan kelas kontrol dengan perlakuan penmbelajaran dengan demonstrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan capaian pemahaman konsep, sikap disiplin dan tangung jawab siswa antara pembelajaran dengan kerja laboratorium dan demonstrasi. Berdasarkan hasil uji gain, pembelajran fisika dengan kerja laboratorium lebih efektif dibandingkan dengan demonstrasi untuk meningkatkan pemahaman konsep, sikap disiplin dan tangung jawab siswa SMA.

Page 1 of 21 | Total Record : 204