JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 6, No 2 (2021)

MINAT BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN : ADAKAH PENGARUHNYA?

Denna Auliya (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Rina Marlina (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto menggunakan metode kuantitatif survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Rawamerta dan sampel diambil dari seluruh siswa kelas VIII B sebanyak 37 siswa, dimana terdapat 18 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Teknik analisis data dilakukan denggan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Sebagai prasyarat analisis dilakukan uji normalitas data dan uji linearitas data. Data ini diolah menggunakan Software SPSS Versi 25 for wimdows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa perempuan dan juga terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar maematika siswa laki-laki. Hal ini ditunjukan dari hasil analisis regeresi linear sederhana yang diperoleh, untuk perempuan memperoleh persamaan regresi Y = -23,252 + 0,960 X, dengan Adjusted R Square sebesar 0,594 atau 59,4% dan untuk siswa laki-laki memperoleh persamaan regresi Y = -67,737 + 1,385 X, dengan Adjusted R Square sebesar 0,807 atau 80,7%. Hal ini membuktikan minat belajar baik siswa perempuan ataupun siswa laki-laki memberikan kontribusi yang positif atau dukungan yang baik dalam usaha meningkatkan hasil belajar matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...