JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 6, No 2 (2021)

ANALISIS MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI COVID-19

Lisa Lusiyani (Universitas Pancasakti Tegal)
Ahmadi Ahmadi (Universitas Pancasakti Tegal)
Ponoharjo Ponoharjo (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis minat belajar peserta didik melalui pembelajaran google classroom pada masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil pengisian angket minat belajar peserta didik melalui pembelajaran google classroom diambil 6 subjek masing-masing 2 subjek dari minat belajar tinggi, 2 subjek dari minat belajar sedang dan 2 subjek dari minat belajar rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Tegal masuk dalam kategori minat belajar sedang. Sedangkan berdasarkan hasil wawancara terhadap 6 subjek 4 subjek merasa senang, merasa tertarik dan merasa perhatian dalam mengikuti pembelajaran melalui google classroom, sedangkan 2 diantaranya tidak merasa senang, tidak merasa tertarik dan juga tidak perhatian dalam mengikuti pembelajaran melalui google classroom. Sedangkan untuk keterlibatan peserta didik, 6 peserta didik terlibat dalam pembelajaran melalui google classroom, diantaranya mengikuti pembelajaran, mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, melampirkan cara ketika mengumpulkan tugas dan mengikuti remidial ketika memperoleh nilai dibawah KKM. Untuk masing-masing peserta didik mengalami kendala kuota dan jaringan internet dalam mengikuti pembelajaran melalui google classroom.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...