Chemistry in Education
Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020

ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR (KPSD) PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA MODEL PjBL BERBANTUAN LKPD

Aisyara, Nurul (Unknown)
Haryani, Sri (Unknown)
Prihandono, Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran profil ketercapaian ketrampilan proses sains dasar (KPSD) peserta didik dalam pembelajaran kimia model PjBL materi larutan elektrolit non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan subyek penelitian sebanyak 36 peserta didik kelas X SMK Kesehatan di Kabupaten Pati. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar penilaian observasi teman untuk menilai profil KPSD aspek keterampilan dan lembar soal evaluasi pengetahuan berbasis KPSD untuk menilai KPSD aspek pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil ketercapaian KPSD peserta didik telah diukur, dan didapatkan hasil nilai rata-rata pada aspek pengetahuan yaitu sebesar 69% dengan kategori cukup, dengan rincian dua peserta didik memiliki profil sangat baik, sepuluh peserta didik memiliki profil baik, tiga peserta didik memiliki profil cukup dan enam peserta didik memiliki profl sangat kurang. Pada aspek keterampilan sebesar 84.5% dengan kategori baik dengan rincian sepuluh peserta didik memiliki profil sangat baik, tujuh peserta didik memiliki profil baik, tiga peserta didik memiliki profil cukup, dan satu peserta didik memiliki profil kurang.

Copyrights © 2020