Chemistry in Education
Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020

Efektivitas Penggunaan Media E-learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik

Dewi, Brigitta Elga Kusuma (Unknown)
Sumarni, Woro (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media e-learning berbasis website terhadap hasil belajar kognitif peserta didik yang ditinjau dari hasil pretest-posttest peserta didik kelas eksperimen-kontrol dan respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan media. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Desain dengan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menggunakan media e-learning berbasis website dalam proses pembelajaran dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan dengan menggunakan media konvensional. Hasil penilaian kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 89,45 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata 74,42. Hasil analisis ketuntasan belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar untuk kelas eksperimen sebesar 91,66% dan kelas kontrol sebesar 62,85%. Hasil perolehan uji N-gain, rata-rata nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,87 kriteria tinggi dan rata-rata nilai N-gain kelas kontrol sebesar 0,67 kriteria sedang. Hasil angket respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan media e-learning berbasis website, sebanyak 100% peserta didik menjawab termotivasi untuk melakukan pembelajaran dengan menggunakan media e-learning berbasis website pada materi reaksi redoks dan tata nama senyawa kimia. Kata Kunci: E-learning; Media pembelajaran; Website

Copyrights © 2020