BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 1 No. 1 (2021)

Model Guided Inquiry Learning : Kemampuan Menggunakan Metode Ilmiah

Suci Lestari (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka)
Budhi Akbar (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Luthpi Safahi (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2021

Abstract

Proses pembelajaran biologi tidak hanya mendorong penemuan, tetapi juga proses penemuan dengan mampu meningkatkan sikap ilmiah. Selain itu, pemilihan model pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran. Pembelajaran inkuiri menekankan pada pemikiran kritis dan analisis untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang bersangkutan. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran Guide Inquiry terhadap kemampuan menggunakan metode saintifik. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang berjumlah 18 soal. Data penelitian dianalisis menggunakan uji statistik non parametrik Mann U-Withney. Hasil pengujian diperoleh bahwa nilai Z hitung sebesar 6,8 lebih besar dari nilai Z tabel (0,05) sebesar 1,96, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Guided Inquiry terhadap kemampuan menggunakan metode saintifik siswa kelas X siswa di SMA Negeri 2 Karawang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...