DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 2, No 2 (2019): September

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SD 030425 SIMERPARA KABUPATEN PAKPAK BHARAT.

Yuni Mariani Manik (Universitas EFARINA)
Jubelando O Tambunan (Universitas Efarina)
Darwin Bangun (Universitas Efarina Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2019

Abstract

Di dalam masyarakat, dari yang paling terbelakang sampai yang paling maju, guru memegang peranan penting hampir tanpa terkecuali, guru merupakan satu diantara pembentuk-pembentuk utama calon warga masyarakat. Bagaimana  guru  bisa  berperan  dalam  mengubah  kelemahan-kelemahan  pada remaja menjadi kekuatan untuk masa mendatang?Sesuai  Undang-Undang  Republik  Indonesia  Nomor  14  Tahun  2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 2 ayat (1) menegaskan bahwa guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Pada Pasal 4 juga dijelaskan bahwa kedudukan guru sebagai tenaga professional sebagaimana dimaksud dalam Pasal  2 ayat  (1) berfungsi untuk meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.Berangkat dari paradigma tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi  profesional  guru  untuk  meningkat  meningkatkan  mutu pembelajaran di SD Negeri 030425.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang waktu penelitian dan triangulasi.Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  (1)  Profesional  guru  merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan (2) Mutu pembelajaran di SD Negeri 030425 diwujudkan dengan penerapan pembelajaran aktif, kreatif, dan menyenangkan  serta  melalui  penelitian  tindakan  kelas.  (3)  Upaya  Kepala Sekolah Dasar dalam meningkatkan professional guru di SD Negeri 030425 adalah dengan meningkatkan kompetensi guru melalui kursus dan diklat, pengadaan sumber dan media Pembelajaran, mengelola lingkungan belajar, penerapan e-learning, dan controling (4) Upaya guru SD Negeri 030425 dalam meningkatkan profesionalnya dengan mengikuti diklat dan Kelompok Kerja Guru, dan membuat penelitian tindakan kelas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

dikdas

Publisher

Subject

Description

DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar dikelola dengan proses peer review dan open acces. memiliki p-ISSN: 2620-5246 dan e-ISSN: 2620-6307. Terbit dua kali dalam setahun, bulan April dan September. Dipublikasikan oleh STKIP Andi Matappa Pangkep. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar ...