Jurnal Pendidikan Olah Raga
Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MOTORIK BERBASIS PERMAINAN

Abdillah Abdillah ([Sinta ID: 6020149], Physical Education and Health Study Programs, Faculty of Sports and Health Education, IKIP PGRI, Pontianak)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan model pembelajaran motorik berbasis permainan dan mengetauhui bagaimanakah kelayakan model pembelajaran motorik berbasis permainan pada siswa Sekolah Dasar, Sampel dalam Penelitian ini adalah siswa sekolah dasar negeri 08 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development/RD). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siwa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 08 Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kuburaya yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpul data dalam penelitian in yaitu teknik komunikasi langsung,  Alat pengumpul data dalam penelitian ini yaitu panduan wawancara, yang digunakan untuk mendapatkan data validasi dari ahli motorik, serta lembar validasi ahli yang dipergunakan untuk melakukan validasi terhadap model pembelajaran motorik berbasis permainan. Berdasarkan hasil uji coba skala besar dari guru terhadap model permainan sentuh bola terlihat bahwa hasil yang didapat menunjukan nilai maksimal yaitu 100%. dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model permainan ini sangat baik untuk digunakan dalam pembelajan motorik.              Kata Kunci : Pembelajaran, Motorik, Berbasis, Permainan Abstract This study aims to develop a game-based motor learning model and know how the feasibility of a game-based motor learning model in elementary school students. The sample in this study is state elementary school students 08 Sungai Kakap Kubu Raya Regency. This research is a research and development (Research and Development / RD). The sample in this study were all students of grade 1 State Elementary School 08 Sungai Kakap Subdistrict, Kuburaya Regency with a total of 25 students. Data collection techniques in this research are direct communication techniques. Data collection tools in this study are interview guides, which are used to obtain validation data from motorists, as well as expert validation sheets which are used to validate game-based motor learning models. Based on the results of large-scale trials of the teacher on the model of the game touch the ball it appears that the results obtained show a maximum value of 100%. with these results it can be concluded that this game model is very good for use in motor learning.              Keywords: Learning, Motor, Based, Games

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

olahraga

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Olah Raga (JPO) is a scientific journal published by LPPM IKIP PGRI Pontianak. This journal aims to accommodate the publication of scientific work for academics, researchers, and practitioners covering educational, performance, and recreational sports. This journal is published ...