Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Vol 1, No 1 (2014): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial

PENGEMBANGAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA ETNIS DAYAK SMU PONTIANAK KALIMANTAN BARAT

Yenni Rizal, Uray Herlina (Program Studi Bimbingan dan Konseling IKIP-PGRI Pontianak Jalan Ampera No. 88 Pontianak 78116)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2016

Abstract

Secara umum tujuan penelitian ini adalah Pengembangan konseling kelompok dengan teknik behavior  untuk meningkatkan konsep diri siswa etnis Dayak, dan pengembangan perangkat pendukung layanan bimbingan dan konseling meliputi: program, silabus, satuan layanan (satlan), lembar observasi, dan tes kemampuan konsep diri siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development/RD). Jenis penelitian RD adalah jenis penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Berdasarkan temuan hasil penelitian dan pembahasan mengenai konsep diri siawa SMU Negeri 5 Pontianak. Maka dibuatlah kesimpulannya secara umum konsep diri siswa SMU Negeri 5 Pontianak sudah cukup baik namun masih perlu di tingkatkan melalui rancangan desain pengembangan teknik behavioral dalam konseling kelompok dalam meingkatkan konsep diri siswa pada SMU negri 5 Pontianak beserta prototype yang telah di susun dan terkonsep secara baik yang sasarannya meliputi aspek perceptual (physical self-concept), aspek konseptual (psychological self-concept), aspek attitudinal. Kata Kunci: Konseling kelompok, Teknik Behavior, konsep diri.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

sosial

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal ini berisi tentang kajian-kajian hasil pemikiran ataupun hasil penelitian Pendidikan Sosial. ...