Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar

STRATEGI MENGATASI ANAK YANG TIDAK BISA MEMBACAPADA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 MASBAGIK UTARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Lestarini, Yuniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan membantu siswa mengatasi ketidak mampuannya dalam membaca cepat dengan menggunakan strategi bimbingan belajar. Penelitian ini didasarkan pada masih adanya sebagian siswa yang tidak bisa membaca cepat sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Model desain PTK yang digunakan adalah desain model Kurt Lewin. Tahapan-tahapan penelitian tindakan didalam kelas meliputi: (1). Penjajakan kondisi awal, (2). Proses penerapan siklus I, (3). Proses penerapan siklus II dan (4). Pembuktian hipotesis tindakan. Berdasarkan hasil penerapan pada siklus I dan siklus II ditemukan bahwa strategi pembelajaran yang variatif dan inovatif dapat mempengaruhi respon anak pada proses implementasi tindakan dan dapat mengatasi anak yang tidak bisa membaca cepat sehingga termasuk dalam kategori baik yaitunsebesar 66,67 %.Kata Kunci : Strategi, Anak yang tidak bisa membaca 

Copyrights © 2018