AdBispreneur
Vol 6, No 2 (2021): AdBispreneur : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausa

STRATEGI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH DASAR ALAM MUHAMMADIYAH BANJARBARU

Muhammad Rifqi Hidayat (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Antasari)
Rusdiana Rusdiana (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari)
Parman Komarudin (Fakultas Studi Islam Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad al-Banjari)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2021

Abstract

The purpose of this research is to examine methods of entrepreneurship education at Elementary School of Alam Muhammadiyah Banjarbaru, and to analyze the supporting and inhibiting factors. This is a qualitative field research using the interpretive approach to achieve the first goal, and the SWOT analysis (Strength, Weakness, Opportunity, and Thread) to achieve the second goal. The data in this research collected by the research team through interviews with the teachers, observations on entrepreneurial education activities that schools do, and questionnaire for the analysis of supporting and inhibiting factors. The results showed that Elementary School of Alam Muhammadiyah Banjarbaru held a "Market Day" to foster students' entrepreneurial spirit. The teachers asked students to bring any item that they wanted to sell themselves at school, which other friends or teachers who are interested in buying the merchandise will then buy. The results of the SWOT analysis show that the objects tested are in the SO region, because the Y and X values are more than 0. This means that Elementary School of Alam Muhammadiyah Banjarbaru in implementing this entrepreneurial education program must be aggressive by taking advantage of the opportunities and strengths that the school had.Tujuan riset ini adalah untuk meneliti metode pendidikan kewirausahaan di Sekolah Dasar (SD) Alam Muhammadiyah Banjarbaru serta menganalisa faktor pendukung dan penghambatnya. Riset ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan interpretatif untuk mencapai tujuan pertama, dan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Thread) untuk mencapai tujuan kedua. Data dalam riset ini tim peneliti kumpulkan melalui wawancara kepada pihak guru, observasi pada kegiatan pendidikan kewirausahaan yang sekolah lakukan, dan kuisioner untuk keperluan analisa faktor pendukung dan penghambat. Hasil riset menunjukkan bahwa SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru mengadakan kegiatan “Market Day” atau hari pasar untuk menumbuhkan jiwa wirausaha siswa. Siswa diminta untuk membawa item apapun untuk mereka jual sendiri di sekolah, yang kemudian akan dibeli oleh teman lainnya ataupun guru-gurunya yang tertarik membeli dagangan tersebut. Adapun hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa objek yang diuji berada di wilayah SO, karena nilai Y dan X lebih dari 0. Artinya, SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru dalam melaksanakan program pendidikan kewirausahaan ini harus bersikap agresif dengan memanfaatkan peluang dan kekuatan yang ada.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

adbispreneur

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal AdBispreneur adalah jurnal ilmiah di bidang administrasi bisnis dan kewirausahaan yang terbit tiga kali setahun. Diterbitkan oleh Departemen Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran. Berisi tulisan hasil pemikiran dan penelitian di bidang ...