Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi etnomatematika pada teknik ayaman tangkin suku dayak yang ada di kalimantan barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa pada teknik anyaman tangkin terdapat konsep matematika untuk menunjang pembelajaran disekolah yaitu alat-alat dan bahan yang digunakan pada teknik ayaman tangkin dan teknik apa saja yang digunakan pada anyaman tangkin ini yang mengandung unsur-unsur matematika diantaranya pola bilangan, perbandingan, mengukur, menghitung dan mendesaian. Abstract The purpose of this study was to explore the ethnomathematics of the Dayak tribe's Ayaman Tangkin technique in West Kalimantan. The research method used is descriptive method and the type of research used in this research is qualitative research with an ethnographic approach. The results of the exploration show that in the woven Tangkin technique there are mathematical concepts to support learning at school, namely the tools and materials used in the ayaman Tangkin technique and what techniques are used in this woven Tangkin which contains mathematical elements including number patterns, comparisons, measuring, counting and designing.
Copyrights © 2021