cover
Contact Name
Ridho Dedy Arief Budiman
Contact Email
ridho.ikippgriptk@gmail.com
Phone
+6289675086527
Journal Mail Official
juwara.harapanananda@gmail.com
Editorial Address
YAYASAN PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN HARAPAN ANANDA DAERAH KALIMANTAN BARAT Jalan Arteri Supadio, Komplek Pondok Indah Lestari, Sungai Raya, Kubu Raya Phone: +6289675096527 e-mail: juwara.harapanananda@gmail.com
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara
ISSN : 27972097     EISSN : 27972119     DOI : -
JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan dan Pengembangan Harapan Ananda Daerah Kalimantan Barat dengan p-ISSN 2797-2097 (cetak) dan e-ISSN 2797-2119 (online). Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran, evaluasi belajar, dan teknologi baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah publikasi di media cetak maupun elektronik.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 36 Documents
Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika pada Rumah Tradisional Melayu Bermuatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kris Juni Tamara; Reni Astuti; Marhadi Saputro
Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.763 KB) | DOI: 10.58740/juwara.v1i1.5

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKS siswa berbasis etnomatematika bermuatan kemampuan komunikasi matematis pada materi segitiga dan untuk mengetahui kualitas LKS yang dikembangkan dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan serta keefektifan. Metode penelitian Research and Depelopment (R&D) yaitu penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang telah dimodifikasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas LKS yang dikembangkan meliputi lembar validasi, angket kepraktisan, dan tes. Efek potensial LKS yang dikembangkan dapat dilihat dari aktivitas dan pemahaman siswa dalam mengerjakan persoalan yang diberikan pada LKS. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kualitas LKS dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kategori valid dengan tingakat kevalidan sebesar 88,32%, (2) hasil angket respon guru dan siswa dengan rata-rata 86,15% dengan kriteria praktis dan (3) hasil pengerjaan soal tes kemampuan komunikasi matematis oleh siswa sebesar 83,33% dengan kriteria efektif.   Abstract The purpose of this study was to develop student worksheets based on ethnomatematics with mathematical communication skills on triangular material and to determine the quality of the developed student worksheets from the aspects of validity, practicality and effectiveness. This research method is a Research and Depelopment (R&D) type, namely development research that refers to a modified 4-D development model. The instruments used to measure the quality of the developed worksheets include validation sheets, practicality questionnaires, and tests. The potential effects of the student worksheets being developed can be seen from the activities and understanding of students in working on the problems given to the worksheets. The results showed that: (1) the quality of the worksheets seen from the validity aspect was included in the valid category with a validity level of 88.32%, (2) the results of the questionnaire responses from teachers and students with an average of 86.15% with practical criteria and (3) the results of the mathematical communication skills test by students amounted to 83.33% with effective criteria.
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Kubus dan Balok Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Kakap Ridho Wahyuda; Henny Puspita Sari; Nurul Fitria
Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.339 KB) | DOI: 10.58740/juwara.v1i1.6

Abstract

Abstrak Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang bertunjuan untuk menganalisis kemempuan pemecahan masalah siswa melalui data nilai tes yang diberikan pada materi kubus dan balok di SMP Negeri 3 Sungai Kakap. Pengambilan sampel siswa dilakukan oleh guru yang terdiri dari dua orang siswa. Penelitian ini menggunakan indikator dan panudan skor menurut polya. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan memberikan soal tes kepada siswa untuk analisis. Hasil dari analisis dalam penelitian ini adalah siswa hanya mampu menyelesaikan 2 indikator dan mengabaikan 2 indikator lainnya, dimana indikator 1 dan 4 tidak siswa terapkan dalam semua soal, sedangkan untuk indikator 2 dan 3 dilakukan siswa namun masih banyak kekeliruan yang dilakukan. Abstract This research is a type of quantitative descriptive research which aims to analyze the students' problem solving abilities through the test value data given on the material of cubes and blocks at SMP Negeri 3 Sungai Kakap. The sampling of students was carried out by a teacher consisting of two students. This study uses indicators and guide scores according to their patterns. The data collection technique used was to provide test questions to students for analysis. The results of the analysis in this study were students were only able to complete 2 indicators and ignored the other 2 indicators, where indicators 1 and 4 did not apply to all the questions, while for indicators 2 and 3 students made them but there were still many mistakes.
Analisis Kebutuhan Pengembangan Aplikasi Morndumath Bermuatan HOTS Nurul Fitria; Utin Desy Susiaty; Marhadi Saputro
Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.762 KB) | DOI: 10.58740/juwara.v1i1.7

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian adalah menganalisis pengembangan aplikasi Morndumath. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur dan studi lapangan. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas VIII. Studi literatur dilaksanakan dengan mengumpulkan penelitian dan sumber relevan. Sedangkan studi lapangan diperoleh dengan menyebarkan angket kebutuhan produk menggunakan google form kepada guru dan siswa di SMP Negeri 1 Sungai Kakap. Berdasarkan studi literatur aplikasi Morndumath bermuatan HOTS dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Sedangkan berdasarkan studi lapangan diketahui 81,5% siswa sulit memahami materi bangun ruang, 92,3% siswa membutuhkan bahan ajar lain selain yang disediakan sekolah dan 100% guru merasa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kurang dalam materi bangun ruang, 100% guru merasa sangat perlu menggunakan media pembelajaran lain dalam kegiatan pembelajaran seperti aplikasi Morndumath bemuatan HOTS. Setelah memahami apa yang dimaksud dengan aplikasi Morndumath bermuatan HOTS 100% guru dan 87,7% siswa menyatakan menginginkan media pembelajaran tersebut dalam kegiatan pembelajaran. Abstract The research objective is to analyze the development of the Morndumath application. The method uses in this research is literature study and field study. The research subjects are teachers and students of class VIII. Literature studies are carried out by collecting relevant research and sources. While the field study is obtained by distributing a product needs questionnaire using google form to teachers and students at SMP Negeri 1 Sungai Kakap. Based on a literature study, the Morndumath application with HOTS can help students improve higher-order thinking skills. Meanwhile, based on field studies, it is known that 81.5% of students have difficulty understanding the material of building space, 92.3% of students need other teaching materials besides those provided by the school and 100% of teachers feel that students' high-level thinking skills are lacking in building materials, 100% of teachers feel very need to use other learning media in learning activities such as the Morndumath application made by HOTS. After understanding what is meant by the Morndumath application with HOTS content, 100% of teachers and 87.7% of students stated that they wanted the learning media in learning activities.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan App Inventor pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Kata Wahyu Setiawan
Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.164 KB) | DOI: 10.58740/juwara.v1i1.8

Abstract

Abstrak Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian dan Pengembangan. Data yang dikumpulkan melalui metode angket kemudian dilakukan analisis dengan mengubah rata-rata hasil skor ke dalam bentuk persentase. Media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran simulasi digital telah teruji kelayakannya oleh ahli media diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 82,66% dengan kategori “Layak”. Sedangkan hasil pengujian oleh ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 90,97% dengan kategori “Layak”. Adapun hasil uji kelayakan oleh siwa adalah 85,17% yang termasuk dalam kategori “Layak”. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan. Peneliti melakukan perancangan media pembelajaran berdasarkan hasil pada tahap analisis. Abstract The research method used is Research and Development. The data were collected through a questionnaire method and then analyzed by changing the average score results into a percentage. Android-based learning media on digital simulation subjects have been tested for their feasibility by media experts, with an overall average of 82.66% in the "Eligible" category. While the test results by material experts obtained an overall average of 90.97% in the "Eligible" category. The results of the feasibility test by the students were 85.17% which was included in the "Eligible" category. So that overall it can be concluded that the learning media developed is suitable for use. Researchers designed instructional media based on the results at the analysis stage.
Etnomatematika dalam Budaya Berdompu pada Permainan Tradisional Engklek di Kalimantan Barat Cici Surmiyanti; Mutia Mutia; Syarifah Nurhaliza
Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.419 KB) | DOI: 10.58740/juwara.v1i1.9

Abstract

Abstrak Budaya dapat dijadikan sebagai sarana untuk belajar terutama dari kehidupan sehari-hari. Matematika erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, yaitu dapat dipelajari melalui budaya. Istilah matematika dalam budaya disebut dengan istilah etnomatematika. Setiap daerah memiliki budayanya masing-masing yang unik dan berbeda-beda dengan daerah yang lain. Di daerah Kabupaten Sanggau misalnya terdapat warisan budaya yang sudah turun temurun yaitu budaya berdompu, selain itu di daerah Kabupaten Melawi terdapat permainan tradisional engkelek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep matematika yang terdapat dalam budaya berdompu pada permainan tradisional engklek di daerah Kalimantan Barat, sehingga dapat dijadikan sumber belajar dalam pembelajaran metematika. Melalui penelitian yang sistematis,, eksplorasi, dan observasi, serta dengan dilakukan pendekatan etnografi, maka dapat disimpulkan bahwa konsep matematika yang terdapat dalam budaya berdompu pada permainan tradisional engklek di daerah Kalimantan Barat adalah konsep bangun data yang meliputi bangun datar segi empat dan lingkaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa etnomatematika dapat mempermudah siswa memahami permasalahan sehari-hari. Abstract Culture can be used as a means of learning, especially from everyday life. Mathematics is closely related to everyday life, which can be learned through culture. The term mathematics in culture is called ethnomatematics. Each region has its own culture that is unique and different from other regions. In the area of ??Sanggau Regency, for example, there is a cultural heritage that has been passed down from generation to generation, namely the dompu culture, besides that in the Melawi Regency area there is a traditional game of engkelek. The purpose of this study was to explore the mathematical concepts contained in the traditional culture of the cranks in West Kalimantan, so that they can be used as a learning resource in learning mathematics. Through systematic research, exploration, and observation, as well as with an ethnographic approach, it can be concluded that the mathematical concept contained in the dompu culture of the traditional crank game in West Kalimantan is the concept of building data which includes rectangular and circular flat shapes. So it can be concluded that ethnomatematics can make it easier for students to understand daily problems.
Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Materi Manajemen File Ferry Marlianto
Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.817 KB) | DOI: 10.58740/juwara.v1i1.11

Abstract

Abstrak Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui proses pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Manajemen file Siswa Kelas X SMA Negeri 1 MHU Kabupaten Ketapang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Eksperimen dengan bentuk penelitian pre-exprimental design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan oleh peneliti adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 MHU Kabupaten Ketapang yang terdiri dari 3 kelas. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel adalah purposive sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda. Data hasil pretest dan posttest kelas eksperimen diperoleh informasi bahwa jumlah hasil output pengolahan data soal pretest dan posstes didapat nilai pretest mean sebesar 39,52, dan nilai post-test mean sebesar 79,19. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Team Assisted Individualization (TAI) pada materi manajemen file siswa kelas X SMA Negeri 1 MHU Kabupaten Ketapang. Abstract The purpose of this study was to determine the cooperative learning process type Team Assisted Individualization Against Student Learning Outcomes File Management Materials Class X Students of SMA Negeri 1 MHU Ketapang Regency. The research method used was the experimental method with a pre-experimental research design with a One Group Pretest-Posttest Design. The population used by the researcher was all students of class X SMA Negeri 1 MHU Ketapang Regency which consisted of 3 classes. The technique used in determining the sample is purposive sampling. The data collection tool used was a multiple choice test of learning outcomes. The data from the pretest and posttest results of the experimental class obtained information that the number of results from the data processing of the pretest and posttest questions obtained the pretest mean value of 39.52, and the mean post-test value of 79.19. So it can be concluded that there are differences in student learning outcomes after the implementation of the Team Assisted Individualization (TAI) model on the file management material for class X students of SMA Negeri 1 MHU, Ketapang Regency.
Pengaruh Fasilitas Laboratorium dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital Vindo Feladi
Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.375 KB) | DOI: 10.58740/juwara.v1i1.12

Abstract

Abstrak Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk, mengetahui 1) Pengaruh Fasilitas laboratorium terhadap hasil belajar siswa, 2) Pengaruh lingkungan belajar belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi, 3) Pengaruh Fasilitas laboratorium dan lingkungan belajar belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Amaliyah Sekadau yang berjumlah 248 siswa. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah propotional random sampling sehingga jumlah sampel yang digunakan sebesar 146 siswa. Hasil penelitian ini adalah, 1) Terdapat pengaruh Fasilitas laboratorium terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital., 2) Terdapat pengaruh lingkungan belajar belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital, 3) Terdapat pengaruh Fasilitas laboratorium dan lingkungan belajar belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Abstract The purpose of this study was to determine 1) The effect of laboratory facilities on student learning outcomes, 2) The influence of the learning environment on student learning outcomes in simulation and communication subjects, 3) The effect of laboratory facilities and learning environments on learning outcomes. students of simulation and digital communication subjects. This study used a quantitative descriptive method with an ex-post facto approach. The population in this study were 248 students of SMK Amaliyah Sekadau. The sampling technique used is proportional random sampling so that the number of samples used is 146 students. The results of this study are, 1) There is an influence of laboratory facilities on student learning outcomes in simulation and digital communication subjects., 2) There is an influence of the learning environment on student learning outcomes in simulation and digital communication subjects, 3) There is an influence of laboratory facilities and the learning environment. learning together on student learning outcomes in simulation and digital communication subjects.
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII SMP Sari Julianti; Alda Gloria Melinia; Nadia Saputri
Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.808 KB) | DOI: 10.58740/juwara.v1i2.13

Abstract

Abstrak Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui analisis terhadap soal dan permasalahan yang diberikan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Pontianak yang dipilih oleh guru. Teknik yang digunakan dengan memberikan soal tes relasi dan fungsi kepada siswa dan dari jawaban siswa akan dianalisis berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Indikator yang diambil berdasarkan indikator menurut polya. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah yang dilihat dari jawaban yang diberikan siswa dimana dari keempat indikator hanya indikator pertama yang memberikan nilai sempurna, sedangkan untuk indikator kedua, ketiga, dan keempa masih salah. Abstract This research is a quantitative descriptive study that aims to see students' mathematical problem solving abilities through analysis of the questions and problems given. The sample in this study was class VIII SMP Negeri 16 Pontianak selected by the teacher. The technique used is to give relation and function test questions to students and from students' answers will be analyzed based on indicators of mathematical problem solving ability. Indicators are taken based on indicators according to polya. The results obtained in this study are the low problem-solving ability seen from the answers given by students where of the four indicators only the first indicator gives a perfect score, while the second, third, and fourth indicators are still wrong.
Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kearifan Lokal “Roah” pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP Hermas Belianus; Anselmus Mumud Fira; Mumud Fira
Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (746.924 KB) | DOI: 10.58740/juwara.v1i2.15

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa lembar kerja siswa berbasis kearifan lokal Roah pada materi perbandingan kelas VII SMP N 1 Sengah Temila yang teruji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan rancangan penelitian Borg and Gall. Berdasarkan hasil penelitian lembar kerja siswa berbasis kearifan lokal Roah yang dikembangkan mempunyai kevalidan sebesar 89,33% dan 89,99% dari segi materi dan media dengan kirteria sangat valid semua, hasil ini didapatkan dari penilaian ketiga validator menggunakan lembar validasi. Untuk kepraktisannya sebesar 88,57% bagi guru dan 89,71% bagi siswa dengan kriterianya sangat praktis semua, hasil ini didapatkan dari angket respon guru dan angket respon siswa dari 8 siswa sebagai subjek uji coba produk. Sedangkan untuk keefektifannya sebesar 84% dengan kategori sangat efektif, hasil ini didapatkan dari hasil lembar kerja siswa yang digunakan dan hasil posttest. Abstract This study aims to produce learning media in the form of student worksheets based on Roah's local wisdom in comparison material for class VII SMP N 1 Sengah Temila which has been tested for validity, practicality, and effectiveness. This research is a research and development method (Research and Development) that uses a Borg and Gall. Based on the results of the research, student worksheets based on Roah's local wisdom that were developed have a validity of 89.33% and 89.99% in terms of material and media with very valid criteria, these results were obtained from the assessment of the three validators using a validation sheet. For practicality of 88.57% for teachers and 89.71% for students with very practical criteria, these results were obtained from teacher response questionnaires and student response questionnaires from 8 students as product trial subjects. As for the effectiveness of 84% with a very effective category, these results were obtained from the results of the student worksheets used and the results of the posttest.
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Trigonometri Hesti Valengia Hesti; Reni Novianti; Elsa Yulistia Dara Tarigas
Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Yayasan Pendidikan Dan Pengembangan Harapan Ananda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.112 KB) | DOI: 10.58740/juwara.v1i2.17

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa pada materi trigonometri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Serawai. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengukuran sehingga alat pengumpul datanya berupa tes. Teknik analis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.  Hasil dari penelitian ini adalah :(1) Interpretasi hanya 64 % siswa yang mampu menjawab soal kemampuan berpikir kritis , (2)  Analisis hanya 58 % siswa yang mampu menjawab soal kemampuan  berpikir kritis, (3) Evaluasi  hanya 47 % siswa yang mampu menjawab soal kemampuan berpikir kritis, (4) Inferensi hanya 39 % siswa yang mampu menyelesaikan soal kemampuan berpikir kritis. Jadi secara umum dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas X  SMA Negeri 1  Serawai tergolong rendah. Abstract This study aims to analyze students' critical thinking skills on trigonometry material. The research method used is qualitative research in the form of descriptive research. The subjects in this study were students of class X SMA Negeri 1 Serawai. The data collection technique used in this research is measurement so that the data collection tool is in the form of a test. The data analysis technique used is descriptive statistics. The results of this study are: (1) Interpretation only 64% of students are able to answer about critical thinking skills, (2) Analysis only 58% of students are able to answer about critical thinking skills, (3) Evaluation only 47% of students are able to answer questions critical thinking skills, (4) Inference only 39% of students are able to solve critical thinking skills. So in general it can be said that the critical thinking ability of class X students of SMA Negeri 1 Serawai is low.

Page 1 of 4 | Total Record : 36