Journal of Nonformal Education and Community Empowerment
Volume 2, No 1 (2018): Juni 2018

Perbedaan Motivasi Belajar Warga Belajar Perempuan dan Laki-Laki dalam Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Paket C

Astuti, Indah Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Fokus penelitian ini adalah perbedaan motivasi belajar warga belajar perempuan dan laki-laki dalam mengikuti kesetaraan paket C diantaranya : (1) Bagaimana motivasi belajar warga belajar antara perempuan dan laki-laki dalam mengikuti belajar pendidikan kesetaraan paket Cdi PKBM Tan Malaka Kabupaten Tangerang ? (2) Bagaimana perbedaan motivasi belajar warga belajar antara perempuan dan laki-laki di PKBM Tan Malaka Kabuapten Tangerang (3) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat motivasi belajar warga belajar perempuan dan laki-laki dalam mengikuti kesetaraan paket C di PKBM Tan Malaka Kabupaten Tangerang ?. Untuk membahas masalah dalam penelitian ini, peneliti merujuk pada landasan teori yang relevan seperti menjelaskan tentang. (1) Konsep pendidikan Luar Sekolah, (2) Motivasi, (3) Belajar, (4) Warga belajar terdiri dari warga belajar perempuan dan laki-laki, (5) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), (6) Pendidikan Kesetaraan,(7)Program paket C. Dengan demikian, peneliti memiliki pijakan dan dasar-dasar teori yang memadai untuk menjawab permasalahan secara rinci. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode deskriptif, dimana data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan studi dokumentasi serta beberapa catatan lapangan. Sumber data penelitian ini yaitu warga belajar paket C PKBM Tan Malaka,Tutor dan pengelola, serta informasi lain yang relevan. Berdasarkan Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan motivasi antara warga belajar perempuan dan laki – laki serta faktor – faktor pendukung dan penghambatnya. Motivasi warga belajar perempuan lebih tinggi daripada warga belajar laki – laki. Warga belajar perempuan memiliki motivasi secara internal dan eksternal sedangkan warga belajar laki – laki memiliki motivasi secara eksternal.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jnfc

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

The Journal of Nonformal Education and Community Empowerment is published twice a year in June and December. This journal is published by the Department of nonformal Education Faculty of Education Semarang State University since 2012, in 2017 changed with the new ISSN and in collaboration with the ...