Journal of Public Administration and Local Governance
Vol 5, No 2 (2021): Public Service Innovation

Efektivitas Pembayaran Suroboyo Bus Menggunakan Sampah Botol Plastik (Studi Kasus di Rumah Kompos Rungkut Asri)

Agus Widiyarta (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya)
Amrisa Nur Fajri (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya)
Hani Velia Tamimi (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya)
Nur Melywuni (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2021

Abstract

Sampah merupakan masalah kompleks yang dihadapi negara maju dan berkembang. Salah satunya adalah beberapa kota besar di Indonesia. Surabaya merupakan kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia dengan jumlah penduduk sebanyak 2.874.314 jiwa dengan laju bertumbuhan penduduk tinggi yang dapat mempengaruhi peningkayan jumlah sampah. Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menunjukkan adanya timbunan sampah pada tahun 2017-2018. Untuk menanggapi permasalahan sampah yang ada Pemerintah Kota Surabaya mengeluarkan Peraturan Walikota Surabaya No. 67 Tahun 2018 tentang Kontribusi Sampah dalam Penggunaan Bus Surabaya. Pada 11 oktober 2018 terjadi penumpukan sampah botol plastik di rumah kompos Rungkut Asri. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui efektivitas pembayaran Suroboyo bus menggunakan sampah botol plastik. Metode yang digunakan dalam adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui berbagai macam data (triangulasi), observasi, wawancara, dan pencocokan data dengan teori. Suatu kebijakan dapat dikatakan efektif jika memenuhi delapan indikator menurut Siagian 1978 yaitu, kejelasan tujuan yang hendak dicapai belum optimal karena terjadi penumpukan di rumah kompos Rungkut Asri, kejelasan strategi pencapaian tujuan dengan menetapkan pembayaran Suroboyo bus menggunakan sampah plastik kurang efektif, proses analisis dan perumusan kebijakan yang mantap untuk mengurangi sampah tidak terwujud dengan baik, perencanaan yang matang dilakukan proses pemilahan sampah botol plaastik melalui warna,tutup dan kemasan botol, penyusunan program yang tepat sampah botol plastik didistribusikan ke rumah kompos Rungkut Asri yang dilakukan 3 kali dalam seminggu hal tersebut cukup efektif, tersedianya sarana dan prasarana untuk sementara sampah hasil dari pembayaran Suroboyo bus disimpan di rumah kompos Rungkut Asri hal ini tidak efektif, pelaksanaan efektif dan efisien dalam peneglolaan sampah botol plastik tidak efektif karena membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pelelangan, sistem pengawasan yang mendidik dilakukan oleh pegawai DKRTH sebagai pengendali dan penanggung jawab dalam pengelolaan sampah botol plastik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

publicadminis

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal of Public Administration and Local Governance (JPALG), managed and publish by the Public Administration Department, Social and Political Science Faculty, Universitas Tidar with registered number 2614-4433 (print) and 2614-4441 (online). This journal regularly publishes twice a year in Juni ...