Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini
Vol 1, No 1 (2021): Juni

MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DEMONSTRATION, MODEL NUMBER HEAD TOGETHER, DAN PERMAINAN TRADISIONAL PADA ANAK USIA DINI

mujahaddah mujahaddah (Universitas Lambung Mangkurat)
Rustam Effendi (Universitas Lambung Mangkurat)
Wahdah Refia Rafianti (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas anak, dan capaian perkembangan sosial emosional melalui Model Demonstration, Model Number Head Together dan Permainan Tradisional. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu anak kelompok A2 berjumlah 12 orang, yaitu 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Dari hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa menerapkan Model Demonstration, Model Number Head Together dan Permainan Tradisional dapat mengembangkan aktivitas anak dan hasil perkembangan sosial emosional anak dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) atau êêêê dan sangat aktif. Disarankan untuk kepala sekolah, guru, maupun untuk peneliti selanjutnya dapat memanfaatkan dan menerapkannya untuk kepentingan pendidikan dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional pada diri anak agar lebih baik lagi.Kata kunci: Sosial Emosional, Menaati Aturan, Model Demonstration, Model Number Head Together, dan Permainan Tradisional

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jikad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) merupakan kumpulan artikel/jurnal tugas akhir mahasiswa PG PAUD di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. JIKAD mulai diterbitkan pada tahun 2021 di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas ...