Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan pengembangan kemampuan aspek kognitif dalam mengklasifikasikan benda (berdasarkan warna, bentuk serta ukuran) menggunakan kombinasi model take and give, model savi dan metode drill. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian 10 anak laki-laki dan 7 anak perempuan kelompok B2 PAUD Terpadu Aisyiyah 39 Al Ummah. Penelitian dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa dengan menerapkan kombinasi model take and give, model SAVI dan metode drill dapat meningkatkan aktivitas guru hingga mencapai 97%, aktivitas anak mencapai 100% dan hasil perkembangan kognitif anak mencapai 100%. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pemilihan model dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak.Kata kunci: Kognitif, mengklasifikasikan benda , model take and give, model savi, metode drill
Copyrights © 2021