Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 1, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Made Jayahartwan (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Tabanan)
Sudirman Sudirman (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Gowa)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2022

Abstract

Dalam pembelajaran produktif TKR di SMK Negeri 3 Tabanan, pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga keterlibatan siswa dalam proses mengkonstruksi pemahaman dengan alur berpikirnya sendiri masih kurang. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII TKR SMK Negeri 3 Tabanan pada materi pemeliharaan kelistrikan system penerangan lampu kepala melalui implementasi model pembelajaran Problem based learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. PTK ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dengan tahapan kegiatan setiap siklusnya meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) tes teori bagi siswa yang dikemas dalam model tes lisan dan tes tertulis, 2) tes praktek dengan lembar observasi kemampuan praktek siswa terkait dengan indikator hasil belajar siswa yang tertera pada silabus materi ajar, 3) angket persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran dengan metode PBL dapat meningkatkan hasil belajar pada materi perawatan kelistrikan sistem penerangan lampu kepala bagi kelas XII TKR SMK Negeri 3 Tabanan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...