JHECDs: Journal of Health Epidemiology and Communicable Diseases
Vol 7 No 1 (2021): JHECDs Vol. 7, No. 1, Juni 2021

Keragaman nyamuk tersangka vektor Filariasis di tiga Kecamatan Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah

Shavira Nur Fadhilla (Universitas Negeri Semarang)
Arum Siwiendrayanti (Jurusan Ilmu Kesehatan masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2021

Abstract

Filariasis limfatik merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh cacing filaria dan ditularkan melalui berbagai jenis nyamuk, penyakit ini masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Dampak kesehatan dari penyakit filariasis adalah rasa sakit, kecacatan serta menghambat produktivitas. Berdasarkan profil Kesehatan Kabupaten Brebes 2019 diketahui bahwa terdapat 61 kasus filariasis. Kasus filariasis tertinggi ditemukan pada Kecamatan Ketanggungan, Paguyangan dan Bantarkawung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keragaman spesies nyamuk yang diduga menjadi vektor filariasis di tiga kecamatan Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pengambilan sampel secara purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan survei entomologi. Data dianalasis secara deskriptif berdasarkan kelimpahan nisbi, frekuensi dominansi nyamuk dan keberadaan mikrofilaria pada nyamuk. Hasil penelitian menemukan enam spesies yaitu Culex quinquefasciatus, Cx. vishnui, Cx. tritaeniorhyncus, Cx. bitaeniorhyncus, Armigeres sp dan Aedes aegypti. Spesies nyamuk yang dominan di tiga kecamatan tersebut adalah Culex quinquefasciatus, dengan angka dominansi sebesar 73,04 di Kecamatan Ketanggungan, 50 di Kecamatan Bantarkawung dan 43,75 di Kecamatan Paguyangan. Kondisi lingkungan fisik suhu dan lingkungan di lokasi tersebut yaitu 19-31,7oC dan 59-99%. Simpulan penelitian ini yaitu nyamuk yang berpotensi sebagai vektor filariasis adalah Culex quinquefasciatus dengan lokasi terbanyak di Kecamatan Ketanggungan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jhecds

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

JHECDs accept and publish 5 (five) original and review papers within health epidemiology and communicable diseases subject. Any other papers broader than previously mentioned but still related to communicable diseases (e.g economic or policy study related to communicable diseases) are considerable. ...