Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 1 No. 1 (2016)

Faktor Sukses Implementasi CRM Software pada Perusahaan Jasa

Muzakki, Achmad (Unknown)
Faroqi, Asif (Unknown)
Pamudi, Pamudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2017

Abstract

Manajemen hubungan pelanggan (CRM) merupakan disiplin ilmu yang berkaitan dengan pemerolehan, perwatan dan peningkatan nilai pelanggan. Dalam perkembangannya, CRM yang semula adalah sebuah konsep, kini berkembang kearah teknologi CRM. Dengan teknologi, peran CRM dapat lebih dioptimalkan, pengolahan data-data konsumen dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tepat sehingga perusahaan lebih mudah mengenali pelanggannya. Penelitian-penelitian yang ada mengenai implementasi software CRM kian banyak, namun yang khusus membahas di bidang industry jasa masih jarang. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengusulkan faktor-faktor sukses implementasi CRM di industri jasa. Usulan ini dapat dipakai oleh Chief Information Officer (CIO) dan Chief Executive Officers (CEO) serta vendor CRM ketika implementasi software CRM di industri jasa.  Kata Kunci— CRM, implementasi faktor sukses, software, industri jasa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

inform

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Library & Information Science

Description

Inform: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi is One of the journals published by the Informatics Engineering Department Dr. Soetomo University, was established in January 2016. Inform a double-blind peer-reviewed journal, the aim of this journal is to publish high-quality articles ...