Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 1 No 2 (2021): JAMSI - November 2021

Pendampingan Siswa SMKN 02 Bengkulu Tengah dalam Upaya Pemanfaatan Media Penyimpanan Berbasis Cloud

Dewi Suranti (Infomatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dehasen Bengkulu, Indonesia)
Yupianti Yupianti (Infomatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dehasen Bengkulu, Indonesia)
Syisva Nurwita (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dehasen Bengkulu, Indonesia)
Satrio Candiago (Infomatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dehasen Bengkulu, Indonesia)
Pardi Hardianto (Infomatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dehasen Bengkulu, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2021

Abstract

Perkembangan teknologi ini membuat semua aktifitas yang dilakukan lebih cepat, mudah dan semua informasi yang yang tersebar sangat berlimpah yang dengan sangat mudah dapat kita akses. Salah satu pemanfaatan perkembangan yang dapat mempermudah pekerjaan teknologi yang sedang berkembang saat ini adalah cloud computing. Data yang disimpan pada cloud storage akan dapat diakses dimana saja serta kapanpun. Namun berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan ke mita pengabdian diperoleh informasi bahwa sebagian siswa belum memahami penggunaan, pengoperasian media penyimpanan berbasis online dalam kehidupan. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode ceramah, pendampingan dan praktik langsung yang bertujuan untuk memberikan Knowledge kepada peserta didik dalam pemanfaatan media penyimpanan berbasis cloud yang sangat bermanfaat guna meningkatkan pengetahuan, pemahaman dalam pemanfaatan media penyimpanan berbasis cloud yang berguna di dalam dunia pendidikan dan kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan kegiatan berlangsung dengan baik dan lancar serta kegiatan pengabdian ini dapat berjalan sesuai dengan rencana kegiatan. Hasil kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi siswa-siswi SMK N 02 Bengkulu Tengah dalam upaya pemanfaatan media penyimpanan berbasis cloud. Berdasarkan hasil evaluasi disimpulkan bahwa peserta kegiatan sangat tertarik mengikuti pendampingan guna menambah wawasan tentang media penyimpanan berbasis cloud yang sangat dibutuhkan di dalam era revolusi industri.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...