Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 1 (2022)

Menakar Nilai Pendidikan Karakter Acara Televisi pada Anak Usia 6-8 Tahun

Atiqa Sabardila (Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta)
Markhamah Markhamah (Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta)
Zainal Arifin (Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta)
Hari Kusmanto (Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta)
Lathifah Nurul Hidayah (Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta)
Anita Dewi Kurniasari (Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta)
Duwi Saputro (Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2021

Abstract

Media pendidikan karakter tidak hanya terbatas pada buku teks, karya sastra, maupun ungkapan hikmah. Media pendidikan yang dapat digunakan selain yang telah disebutkan adalah acara televisi sebagai media pendidikan karakter. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam program acara televisi yang diminati anak-anak Sekolah Dasar (SD) kelas rendah (usia 6-8 tahun). Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam program acara yang diminati anak-anak SD. Sumber data penelitian ini adalah program acara televisi yang diminati anak-anak SD. Data-data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner, observasi dan dilanjutkan dengan teknik catat. Analis data penelitian ini menggunakan metode padan referensial atau analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat sepuluh nilai pendidikan karakter dalam program acara televisi yang diminati anak-anak SD. Hal tersebut didasarkan pada nilai pendidikan karakter dan nilai sosial budaya yang terkandung dalam acara tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...