Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 3 (2022)

Efektifitas Pengembangan Model Permainan Bola Keranjang Aspek Motorik Kasar Anak 5-6 Tahun

Isfauzi Hadi Nugroho (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Abdian Asgi Sukmana (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Nusantara PGRI kediri)
Anik Lestariningrum (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Naufal Ismail Septiano (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Nusantara PGRI kediri)
Agung Barokatir Rizqi (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Nusantara PGRI kediri)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Permasalahan motorik kasar anak usia 5-6 tahun dari pembelajaran daring menyebabkan anak lebih banyak beraktifitas dengan duduk di depan laptop atau gawai HP sehingga gerak motorik kasarnya kurang seperti berlari, melempar, menendang bola, senam dimana aktivitas tersebut melatih kemampuan motorik dan sensori sebagai dasar pedoman pengembangan kemampuan melalui bermain bebas yang membutuhkan gerakan syaraf otot-otot besar sangat kurang. Tujuan penelitian ini mengembangkan model permainan  inovasi pembelajaran motorik kasar. Desain menggunakan pendekatan R D (Reseach and Development) yang menghasilkan produk mengadopsi model Borg Gall disederhanakan peneliti. Subjek penelitian anak kelompok B TK Perwanida Mrican Kediri. Teknik pengumpuln data lembar observasi ceklist dan wawancara. Analisis data  deskriptif kuantitatif. Tahapan analisis kebutuhan permainan, instrument dan model permainan di validasi dan uji coba kelompok kecil.   Hasil menunjukan efektifitas  pengembangan model permainan aspek motorik kasar anak usia 5-6 tahun valid, praktis dan memiliki potensi dapat digunakan seluruh guru ketika proses pembelajaran motorik kasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...