Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 1 (2022)

Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Online: Fenomena Masa Pandemi Covid-19

Malpaleni Satriana (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Univeristas Mulawarman, Samarinda)
Muhammad Ramli Buhari (Jasmani, Universitas Mulawarman, Samarinda)
Makmun Makmun (Pendidikan Agama Islam, Universitas Mulawarman, Samarinda)
Febry Maghfirah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Univeristas Mulawarman, Samarinda)
Wiwik Haryani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Univeristas Mulawarman, Samarinda)
Tri Wahyuningsih (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Univeristas Mulawarman, Samarinda)
Hadi Wardana (Teknologi Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda)
Antung Dewi Nurliana Sagita (Taman kanak-Kanak Raudhatul Ilmi, Samarinda)
Lidia Oktamarina (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang)
Ali Abu Bakar (Fiqh Modern, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Beberapa fenomena yang terjadi pada masa pandemi covid-19, diantaranya berkenaan pembelajaran online di lembaga PAUD. Penelitian bertujuan untuk mengungkap persepsi guru PAUD terhadap pembelajaran online. Partisipan 19 guru dari 18 lembaga PAUD di 9 provinsi Indonesia memberikan data hasil wawancara dan dokumentasi untuk diobservasi. Penelitian dilakukan selama 8 bulan (Agustus 2020-Maret 2021) yang menunjukkan bahwa pembelajaran online sebagai kegiatan pembelajaran yang dilakukan jarak jauh menggunakan perangkat teknologi; guru tetap menyiapkan perangkat pembelajaran, media, aplikasi, jadwal, dan strategi pada proses pembelajaran online; pembelajaran online tidak efektif diterapkan pada anak usia dini karena jaringan internet yang kurang stabil, anak kurang fokus memperhatikan guru, dan anak kurang tertarik pada pembelajaran online; orang tua memiliki peran penting dalam proses pembelajaran online. Kebaruan penelitian adalah mengkaji persepsi guru PAUD terhadap pembelajaran online walaupun belum mewakili persepsi guru PAUD di Indonesia dan diperoleh kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran online pada anak usia dini

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...