Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 1 (2022)

Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia Dini

Indah Setianingrum (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Yogyakarta)
Nur Azizah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
18 May 2021

Abstract

Teams Games Tournament (TGT) adalah tipe pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok kecil beranggotakan 5 sampai 6 siswa yang memiliki kemampuan, jenis kelamin dan ras berbeda. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini mengadaptasi pendekatan Reseach and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE, yang mencakup tahap analyze, design dan Develop. Penelitian menggunakan 3 tahap karena kondisi pandemi Covid-19, menjadikan sulitnya mendapatkan izin penelitian di lembaga untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Penilaian ahli materi menunjukkan koefisien 84,37% yang memiliki arti sangat layak. Selain itu, penilaian ahli media menunjukkan koefisien 87,17% yang memiliki arti sangat layak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa produk penelitian berupa model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk anak usia 4-5 tahun memiliki keberterimaan berdasarkan penilaian ahli materi dan media. Hasil penelitian ini merekomendasikan untuk mengidentifikasi secara empiris keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk anak usia 4-5 tahun.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...