Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mobile learning berbasis android, mengetahui kualitas produk, serta mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap aplikasi mobile learning berbasis android. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan (RD), dengan mengikuti tahapan model pengembangan 4D, yang meliputi empat tahapan utama, yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan. dan penyebaran (disseminate). Data diperoleh melalui validasi produk kepada ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, kemudian diuji cobakan kepada pengajar (guru) mata pelajaran biologi serta diuji coba kepada 30 peserta didik kelas X SMA. Berdasarkan penelitian ini diperoleh produk dengan penilaian ahli materi sebesar 93,75%, ahli media sebesar 93,75%, ahli bahasa sebesar 84,38%, tanggapan peserta didik sebesar 88,27%; dan tanggapan guru sebesar 81,82%. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi mobile learning berdampak positif terhadap pemahaman peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup, dengan nilai N- Gain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Sehingga aplikasi mobile learning dapat dijadikan sebagai media bantu yang layak bagi peserta didik dan guru.
Copyrights © 2020