AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Vol 11, No 2 (2021): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Implementasi Supervisi Pembelajaran Studi kasus pada Sekolah Menengah Kejuruan Lampung Timur

Subandi Subandi (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Dedi Lazwardi (UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA LAMPUNG)
Muhamad Muchsin Afriyadi (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Sela kholidiani (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2021

Abstract

Kebijakan strategis Kepala Sekolah/ Madrasah, salah satu upaya peningkatan mutu pembelajaran melalui program supervisi yang dilaksanakan secara berencana, terorganisasi dan dilaksanakan secara terus menerus, hal ini akan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran untuk menuju pembelajaran efektif. Supervisi direncanakan dengan baik dengan prinsip-prinsip antara lain : objektif, integratif, humanis, berkesinambungan, dan komprehensif. Perencanaan dibuat secara periodik dengan tujuan serta sasaran yaitu untuk perbaikan pembelajaran. Pelaksanaan program supervisi akademik dan manfaat supervisi pembelajaran dilengkapi dengan instrumen supervisi yang jelas dengan indikator 1). Penetapan tujuan pembelajaran, Bahan materi yang diajarkan, Model atau strategi yang ditetapkan, metode yang cocok digunakan dalam pembelajaran, media apa yang digunakan serta evaluasi yang digunakan. Hasil supervisi ditindaklanjuti melalui pembinaan berikutnya baik secara klinis kelompok , maupun pembinaan individu, dengan memberikan arahan dan memberikan contoh-contoh dapat dilakukan dengan semi loka, workshop dengan tujuan adanya pemahaman dan peningkatan kemampuan guru untuk menghindari kesalahan dalam pelaksanaan pembelajaran berikutnya. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

idaroh

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, registered in p-ISSN: 2086-6186 and e-ISSN: 2580-2453, is a peer-reviewed journal of original research and writing on Islamic education management and education management in general. The biannual journal, regularly issued in June and December, aims to provide a ...