JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri)
Vol 8 No 02 (2021): Jurnal Rekayasa Sistem & Industri - Desember 2021

Gender Different Analysis in Actual Behavior of COVID-19 Prevention among College Student (Case Study: Industrial Engineering, Telkom University)

Sheila Amalia Salma (Unknown)
Yunita Nugrahaini Safrudin (Unknown)
Dino Caesaron (Unknown)
Tiara Verita Yestica (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Pemerintah Indonesia telah berupaya keras dalam menurunkan angka kasus COVID-19 di Indonesia, seperti program intervensi kesehatan dengan mendorong adaptasi kebiasaan baru, seperti melakukan protokol kesehatan yang meliputi mencuci tangan, menggunakan hand-sanitizer, serta menggunakan masker. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan jenis kelamin pada perilaku aktual individu mahasiswa dalam pencegahan penularan COVID-19. Penelitian ini menggunakan survei online kepada kelompok mahasiswa (Teknik Industri, Universitas Telkom) dan dianalisis menggunakan analisis deskripsi serta uji regresi logistik biner. Hasil yang didapatkan adalah gender secara signifikan berasosiasi dengan perilaku aktual pencegahan penularan COVID-19, melalui penggunaan hand-sanitizer (p<0,05) dan mencuci tangan setiap keluar rumah (p<0,05). Mahasiswa perempuan cenderung memiliki perilaku aktual yang lebih baik dari pada mahasiswa laki-laki. Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan jika lebih dari 90% mahasiswa dilaporkan sudah melakukan perilaku aktual pencegahan COVID-19 dengan baik. Hasil ini diharapkan dapat digunakan sebagai gambaran pihak yang berkepentingan untuk menargetkan kelompok mahasiswa terutama jenis kelamin laki-laki harus lebih ditekankan dalam pemberian informasi terkait perilaku pencegahan COVID-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JRSI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri) merupakan jurnal ilmiah yang bersifat peer-reviewed dan open access yang dikelola oleh Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University. JRSI berisi artikel ilmiah yang diangkat dari hasil penelitian, gagasan konseptual, aplikasi teori, serta kajian analitis ...